HomeInfo SehatKesehatan UmumTip Sembuhkan Sakit Kepala Tegang dengan Cepat
Kesehatan Umum

Tip Sembuhkan Sakit Kepala Tegang dengan Cepat

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 16 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pernahkah Anda merasakan sakit kepala di bagian belakang yang tak tertahankan. Jangan sampai sakit kepala menggangu aktivitas Anda.

Tip Sembuhkan Sakit Kepala Tegang dengan Cepat

Sakit kepala tegang, atau yang dikenal dengan istilah tension type headache, merupakan sakit kepala dengan karakteristik nyeri kepala pada kedua sisi kepala. Kepala umumnya terasa tertekan, khususnya di belakang mata. Intensitas nyeri kepala ini sendiri tidak terlalu parah dan biasanya berdurasi 30 menit.

Penyebab sakit kepala ini belum diketahui dengan pasti. Tension type headache termasuk ke dalam kategori sakit kepala primer. Apa itu sakit kepala primer?

Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang tidak diketahui penyebabnya. Namun terdapat beberapa hal yang diduga memicu sakit kepala ini, seperti stres atau cemas, kelelahan, dehidrasi, kurang aktivitas fisik, sinar matahari dan suara bising.

Sakit kepala ini biasa dapat disembuhkan dengan obat penghilang rasa sakit dan perubahan pola hidup. Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi nyeri kepala tegang. Beberapa contoh obat penghilang nyeri yang umum digunakan diantaranya: mengikuti kelas yoga, berolahraga, dan pemijatan.

Penggunaan obat penghilang rasa sakit merupakan cara lain yang dapat Anda tempuh untuk mengurangi sakit kepala tegang. Berbagai pilihan obat tersedia di pasaran seperti parasetamol, dan ibuprofen.

Bagi penderita tension type headache, tidak ada salahnya menerapkan berbagai kiat di atas. Selain itu, hindari makanan yang dapat mencetuskan sakit kepala. Anda juga dapat mencoba teknik akupuntur untuk membantu mengurangi rasa sakit. Pola hidup sehat dapat menyelamatkan dari berbagai penyakit.

(DA/ RH)

Obat Penghilang NyeriTension HeadacheSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait