Sukses

Ini Sebabnya Haid Anda Terlambat

Beberapa wanita sering mengeluhkan masalah haid terlambat.

Klikdokter.com, Jakarta Anemia atau kurang darah adalah suatu penyakit yang menyebabkan terganggunya produksi sel darah merah. Ini merupakan suatu kondisi di mana jaringan dan organ tubuh kekurangan oksigen. Penyebabnya adalah kurangnya kadar hemoglobin dan zat besi dalam darah.

Jenis anemia yang paling sering terjadi adalah anemia defisiensi besi. Ini merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi. Adapun jenis anemia lainnya, yaitu anemia akibat penyakit kronik, kekurangan asam folat atau vitamin B12, perdarahan, dan anemia aplastik atau sickle cell anemia.

Sehubungan dengan itu, anemia dan haid merupakan suatu kondisi yang saling berkaitan. Dengan kata lain, wanita yang menderita anemia berpotensi besar mengalami gangguan haid. Ya, gangguan haid itu sendiri bisa disebabkan oleh anemia.

Bagi wanita yang menderita anemia, gangguan haid yang terjadi dapat berupa terlambat haid, tidak haid, spotting, pre-menstrual syndrome (PMS), atau perdarahan yang lebih banyak saat haid.

Namun, anemia bukanlah satu-satunya penyebab haid terlambat. Kondisi lain yang juga menyebabkan haid terlambat adalah:

  • Kehamilan
  • Stres
  • Gangguan hormonal
  • Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)
  • Gangguan tiroid
  • Menopause
  • Efek samping kontrasepsi hormonal

Seperti apa gejalanya? Jika Anda mengalami gangguan haid disertai keluhan lemas, mudah lelah, pucat, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, berdebar-debar, sesak napas, dan pucat –itulah tandanya.

Jangan tunda, segera kunjungi dokter. Dokter mungkin akan memberikan suplementasi zat besi Untuk Mengatasi Anemia Anda.

Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, jangan lupa untuk juga mengonsumsi makanan zat besi tinggi –seperti daging, sayuran hijau, hati, gandum, serealia, dan lainnya.

(NB/RH)

2 Komentar