Otot dan Sendi

Cara Alami untuk Mengurangi Nyeri Otot

dr. Muhammad Anwar Irzan, 13 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ternyata, nyeri otot dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Baca selengkapnya di sini.

Cara Alami untuk Mengurangi Nyeri Otot

Apa yang biasa Anda lakukan jika mengalami nyeri otot? Sebagian orang mengatasinya dengan mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas. Misalnya parasetamol atau ibuprofen. Akan tetapi, cara ini tidak boleh sering dilakukan terkait efek sampingnya pada saluran pencernaan.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa nyeri otot timbul akibat proses peradangan. Sementara itu, obat yang dipakai pada obat-obatan antinyeri juga merupakan zat antiradang. Namun sebenarnya, banyak sekali bahan di alam yang memiliki aktivitas antiradang yang baik.

Zat antiradang dapat ditemukan pada sayur, buah, ataupun bumbu-bumbu masakan. Dengan demikian, mengonsumsi makanan yang mengandung zat antiradang ini dapat membantu untuk mengurangi nyeri otot. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Minyak IkanMinyak ikan dipercaya sebagai zat anti-peradangan alami yang paten. Di dalamnya, terdapat zat aktif berupa eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosaheaenoic acid (DHA) yang dapat mengubah zat si pembuat nyeri menjadi zat yang tidak membuat nyeri pada jaringan.
  2. KunyitKunyit dan temulawak mengandung senyawa kurkumin. Sebagai zat aktif, kurkumin ini merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri merupakan substansi yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan.
  3. Teh HijauSiapa sangka sih teh hijau dapat mengurangi nyeri otot? Ini dikarenakan teh hijau mempunyai zat aktif polifenol, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari peradangan.

Tiga bahan alami di atas sangat mudah didapat dan penyajiannya pun tidak sulit. Bahkan, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin.

Jadi, jika Anda mengalami nyeri otot, jangan ragu untuk mengonsumsi makanan atau minuman alami tersebut. Apabila keluhan dirasa sangat berat, kunjungilah dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih optimal. Semoga membantu!

[RS/ RH]

Zat AntiradangAtasi Nyeri OtotNyeri Otot

Konsultasi Dokter Terkait