Sukses

Kangkung Bisa Cegah Kurang Darah?

Dikenal bisa bikin ngantuk, konon kangkung juga bisa cegah kurang darah. Apa benar demikian? Cari tahu faktanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar masyarakat Indonesia rasanya sudak tidak asing lagi dengan sayur kangkung. Selain murah, mudah didapat dan diolah, konon sayuran hijau ini juga efektif cegah kurang darah.

Perlu diketahui, kurang darah atau anemia adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi sel darah merah (hemoglobin) di dalam tubuh. Mereka yang mengalami kondisi ini umumnya mudah lelah, rentan sakit kepala, sulit berkonsentrasi, kulit pucat, dan sering kram pada kaki atau tangan.

Di antara semua jenis anemia, yang paling sering terjadi adalah anemia karena kekurangan zat besi. Simpelnya, kondisi ini adalah akibat dari tidak tercukupinya kebutuhan zat besi harian.

Nah, kangkung memiliki kandungan zat besi 1,5 kali lebih besar dibandingkan bayam. Dalam 100 gram kangkung terdapat 3,5- 4 gram zat besi. Jika dikonsumsi bersamaan dengan variasi menu lain, kangkung dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi harian dan cegah kurang darah.

Adapun, kebutuhan zat besi pada pria dewasa adalah sekitar 8,5 gram per hari. Sedangkan wanita dewasa adalah sekitar 18 gram per hari.

Sebenarnya, kangkung tak hanya mengandung zat besi, tapi juga asam folat dan vitamin C. Dua unsur ini sama-sama memiliki peran penting dalam membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Selain bermanfaat cegah kurang darah, kangkung juga merupakan sumber antioksidan yang baik, lho! Jadi, sayuran hijau ini dapat bantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Tak hanya sampai di situ! Ternyata, kangkung juga merupakan sumber serat yang dapat bantu turunkan kolesterol, serta sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Tidak disangka, bukan? Di balik harganya yang murah dan mudah diolah, ternyata kangkung menyimpan segudang nutrisi. Bahkan Anda bisa memanfaatkannya untuk mencegah kurang darah atau anemia. Tapi ingat, hindari mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar