Sukses

Mengapa Wanita Karier Lebih Rentan Kurang Darah?

Tahukah Anda bahwa wanita karier lebih rentan untuk mengalami kurang darah atau anemia? Cari tahu alasannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya anak-anak dan ibu hamil, ternyata wanita karier juga menjadi kelompok orang yang rentan mengalami kurang darah. Bahkan hal ini dapat dilihat dari hasil sebuah survei yang dilakukan di beberapa perusahaan di wilayah Jawa Barat.

Hasil penelitian tersebut memang cukup mengejutkan. Faktanya, sebanyak 40% pegawai wanita yang menjadi responden terbukti mengalami kurang darah. Bagaimana bisa?

Secara umum, wanita memang rentan mengalami kurang darah dibandingkan dengan pria. Ini terjadi karena wanita membutuhkan zat besi lebih banyak untuk peristiwa menstruasi, kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Setiap fase yang harus dilewati kaum wanita tersebut membuat cadangan zat besi wanita menjadi lebih mudah habis. Pada akhirnya, terjadilah kurang darah. Pertanyaan selanjutnya, mengapa wanita karier lebih rentan mengalami kurang darah?
Singkatnya, bekerja melibatkan banyak aktivitas fisik, seperti berjalan jauh atau mengangkat barang. Ini tentunya dapat menurunkan cadangan zat besi di dalam tubuh. Nah, jika kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, maka kurang darah akibat kekurangan zat besi (anemia defisiensi besi) tidak dapat dihindari lagi.

Pada wanita karier, mereka umumnya menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk di balik meja. Aktivitasnya di kantor sebenarnya tidak secara langsung menyebabkan kurang darah. Namun, pola makan yang cenderung tidak bervariasi dituding menjadi penyebab utamanya.

Apalagi, bila makanan yang dikonsumsi tidak mengandung zat besi yang cukup tinggi. Maka, lama- kelamaan cadangan zat besi di dalam tubuh akan habis. Jika dibiarkan, kurang darah atau anemia defisiensi sangat mungkin untuk terjadi.

Karena itu, para wanita karier seperti Anda harus memerhatikan pemenuhan kebutuhan zat besinya. Anda bisa mendapatkannya dari makanan yang mengandung zat besi tinggi –seperti sayuran hijau, daging sapi, hati ayam, hati sapi, buncis, kacang panjang, dan kacang-kacangan lainnya.

Tak ada yang salah dengan menjadi wanita karier. Asalkan Anda selalu menjaga kesehatan dengan baik dan benar, sehingga kurang darah atau anemia tidak datang menghampiri. Jangan lupa berolahraga secara rutin dan teratur, menerapkan pola hidup sehat, jauhi stres, dan istirahat yang cukup.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar