Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPencernaanBenarkah Makanan Pedas dapat Cetuskan Mag?
Pencernaan

Benarkah Makanan Pedas dapat Cetuskan Mag?

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 27 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hati-hati, konon makanan pedas dapat cetuskan mag! Mitos atau fakta? Simak disini.

Benarkah Makanan Pedas dapat Cetuskan Mag?

Kurang lengkap rasanya jika makanan khas Indonesia tak memiliki sentuhan rasa pedas –baik itu yang berasal dari cabai maupun lada. Namun bagi penderita mag, makanan tersebut seperti momok yang menyeramkan.

Mag adalah gangguan lambung dimana terjadi produksi asam lambung berlebih yang menyebabkan iritasi dinding lambung. Gangguan mag dapat menimbulkan rasa mual, muntah, sensasi panas di perut, hingga gangguan bau mulut dan BAB.

Lalu apa hubungan makanan pedas dengan gangguan mag? Makanan pedas memiliki dua efek utama terhadap timbulnya mag.

Efek pertama disebabkan karena kandungan minyak yang terdapat pada cabai dan biji cabainya. Minyak dalam lambung dicerna dengan lambat, sehingga membuat asam lambung tertampung lebih lama dalam lambung yang menyebabkannya iritasi lambung dan naik ke esofagus.

Efek kedua adalah terpicunya produksi asam lambung yang mengiritasi dinding lambung. Lada hitam dapat menyebabkan iritasi pada lambung, sedangkan cabai dan paprika meningkatkan produksi asam lambung. Hal ini memicu timbulnya rasa tidak nyaman dan keluhan yang identik dengan gejala mag seperti perut panas, mual, muntah, dan sendawa.

Makanan pedas memang dapat memicu kambuhnya mag. Bagi penderita mag, sebaiknya hindari dan kurangi intensitas mengonsumsi makanan yang pedas.

(DA/ RH) 

gangguan lambungMakanan PedasSolusi Masalah PencernaanMag

Konsultasi Dokter Terkait