HomeInfo SehatOtot dan SendiCara Atasi Pengapuran Sendi yang Tepat
Otot dan Sendi

Cara Atasi Pengapuran Sendi yang Tepat

dr. Muhammad Anwar Irzan, 25 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pengapuran sendi dapat menganggu kualitas hidup penderitanya. Ini cara tepat untuk mengatasinya.

Cara Atasi Pengapuran Sendi yang Tepat

Pengapuran sendi merupakan penyakit yang selama ini diketahui hanya menimpa orang tua saja. Namun kini tidak lagi demikian. Karena anak-anak ataupun usia dewasa juga bisa mengalaminya.

Pengapuran sendi adalah suatu penyakit sendi degeneratif. Keluhan ini menyebabkan terjadinya peradangan yang bergejala nyeri, kekakuan, dan gejala tidak nyaman lainnya.

Beberapa faktor risiko pengapuran sendi adalah kurangnya aktivitas fisik, dan tidak tercukupinya kebutuhan mineral harian. Untuk mengatasinya, ada tiga bentuk terapi yang bisa dilakukan –yaitu: terapi nonobat, terapi obat-obatan, dan terapi pembedahan.

Terapi non-obat

Bagi Anda yang mengalami pengapuran sendi, terapi awal yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan aktvitas fisik.

Jika Anda yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih atau obesitas, mulailah berusaha untuk mengurangi berat badan dan mempertahankannya dalam porsi ideal. Ini akan sangat membantu mengurangi keluhan akibat pengapuran sendi.

Terapi obat-obatan

Jika terapi non-obat tidak dapat mengurangi keluhan akibat pengapuran sendi, Anda dapat menggunakan bantuan obat-obatan.

Beberapa jenis obat-obatan yang bisa dikonsumsi adalah parasetamol atau obat antinyeri. Ibuprofen juga bisa Anda jadikan pilihan. Namun dalam mengonsumsi obat-obatan tersebut, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dapat mengetahui dosis yang tepat.

Terapi non-obat dan terapi obat-obatan dapat menjadi kombinasi yang baik untuk mengatasi keluhan. Keluhan yang berkurang, aktivitas tanpa gangguan nyeri yang nyata bisa menjadi tanda bahwa terapi berjalan lancar.

Namun untuk memastikan terapi berjalan sesuai rencana, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Terapi pembedahan

Terapi pembedahan untuk keluhan pengapuran bukan merupakan hal yang perlu ditakutkan. Kebutuhan akan terhindar dari nyeri bagi penderita pengapuran sendi sangat penting.

Obat-obatan, baik yang diminum ataupun disuntik dan sudah diberikan dalam dosis maksimal, menandakan perlunya terapi pembedahan.

Sebelum melakukan terapi ini, sebaiknya Anda jelaskan latar belakang penyakit kepada dokter yang menangani.

Dalam kondisi tertentu, mereka yang menderita pengapuran sendi perlu dukungan secara psikologis. Ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas hidup penderita, dalam menghadapi penyakit yang erat kaitannya dengan rasa nyeri. 

(NB/ RH)

pengapuran sendiNyeri Otot & SendiMengatasi Pengapuran SendiNyeri Sendi

Konsultasi Dokter Terkait