HomeInfo SehatKesehatan UmumSerangan Migrain, Atasi dan Hindari dengan Cara Ini
Kesehatan Umum

Serangan Migrain, Atasi dan Hindari dengan Cara Ini

dr. Karunia Ramadhan, 28 Des 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Migrain merupakan gejala yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apa yang harus dilakukan saat serangan migrain muncul? Berikut penjelasannya.

Serangan Migrain, Atasi dan Hindari dengan Cara Ini

Menurut International Headache Society, migrain adalah nyeri kepala primer dengan serangan nyeri yang berlangsung selama 4-72 jam. Nyeri biasanya menyerang bagian depan maupun sebelah kepala. Nyeri kepala dapat disertai mual, muntah, fotofobia (takut akan cahaya) dan fonofobia (takut akan suara-suara).

Saat serangan migrain, carilah tempat yang tenang, tidak banyak suara dan tidak terlalu terang untuk beristirahat, serta konsumsi air putih yang cukup. Hilangkan pikiran yang mengganggu dengan cara tidur atau terapi relaksasi.

Keluhan migrain juga dapat diatasi dengan mengonsumsi obat golongan antiradang bukan steroid (OAINS/NSAID). Contohnya: asam mefenamat, ibuprofen, dan natrium diklofenak, serta golongan ergot seperti preparat ergotamin dan dihidroergotamin. Namun, penggunaan obat-obat tersebut harus sesuai anjuran dokter.

Sebaik-baiknya pengobatan, yang terbaik adalah mencegah keluhan tersebut agar tidak timbul kembali. Berikut beberapa cara untuk menghindari faktor pencetus migrain:

  • Kurangi konsumsi kafein berlebih seperti kopi, cokelat, dan teh.
  • Makan secara teratur. Hindari makanan terlalu pedas, terlalu asam, dan makanan-makanan lainnya yang menimbulkan gas.
  • Kelola stres dengan baik dengan cara melakukan hobi dan berkumpul bersama keluarga/teman-teman dekat.
  • Rutin berolahraga untuk menjaga tekanan darah tetap normal.
  • Tidak menggunakan lampu yang terlalu terang, terutama di rumah dan ruang tidur. Hindari beraktivitas di bawah sinar matahari langsung. Gunakan payung atau kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan.
  • Kurangi konsumsi MSG dan minuman-minuman kemasan yang menggunakan aspartam sebagai pemanisnya.
  • Tidur cukup selama 6-8 jam perhari. Kekurangan maupun kelebihan waktu tidur dapat menyebabkan otot-otot menjadi tegang.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengatasi serangan migrain. Namun, sebaik-baiknya pengobatan, pencegahan tentunya lebih baik dan membawa keuntungan. Mudah-mudahan keluhan Anda cepat membaik!

[RS/RH]

MigrainAtasi MigrainSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait