Sukses

Jenis-Jenis Sakit Kepala dan Gejalanya

Berikut akan dibahas mengenai beberapa jenis sakit kepala dan gejalanya.

Sakit kepala merupakan rasa nyeri yang terjadi di seluruh bagian kepala, dengan batas bawah dari dagu sampai ke daerah belakang kepala. Sakit kepala dapat diakibatkan oleh berbagai hal, mulai dari kelainan dari dalam kepala itu sendiri (primer) maupun faktor dari luar kepala (sekunder).

Berikut ini beberapa jenis sakit kepala dan gejalanya:

Sakit Kepala Primer

  1. Migrain

Merupakan jenis sakit kepala primer yang tidak diketahui penyebabnya. Penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah yang berdenyut. Sebagian penderita dapat mengalami aura sebelum mengalami serangan.

  1. Sakit Kepala Tegang

Penyebab pasti sakit kepala tegang tidak diketahui, tetapi diperkirakan berhubungan dengan tingkat stres seseorang. Sakit akan dirasakan di seluruh kepala, terasa tegang, seperti diikat, atau tertimpa beban berat.

 

Sakit Kepala Sekunder

  1. Meningitis

Meningitis merupakan infeksi pada selaput otak. Meningitis dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus. Seseorang yang menderita meningitis akan mengeluhkan adanya sakit kepala hebat dan muntah. Bahkan jika infeksi sudah lanjut dapat menyebabkan penurunan kesadaran.

  1. Stroke

Stroke dapat disebabkan oleh adanya gangguan aliran darah ke otak, maupun sumbatan pembuluh darah otak. Keduanya dapat mengakibatkan sakit kepala.

  1. Abses otak

Abses otak adalah penimbunan nanah di dalam otak. Hal ini terjadi akibat adanya infeksi di dalam otak. Penderita abses otak akan mengeluhkan sakit kepala, demam, dan penurunan kesadaran. 

  1. Tumor Otak

Diperkirakan 1% penyebab sakit kepala adalah tumor otak dan 30% gejala awal tumor otak adalah sakit kepala. Sifat sakit kepala bervariasi, mulai dari ringan dan hilang timbul sampai berat dan berdenyut –umumnya bertambah berat pada malam hari dan pagi hari.   

  1. Gangguan Pada Mata

Berbagai gangguan refraksi pada mata –rabun jauh, rabun dekat, glaukoma, kerusakan pada organ mata, dsb– yang tidak terdeteksi dan tidak mendapatkan penanganan yang optimal juga bisa mencetuskan sakit kepala.

Demikianlah beberapa jenis sakit kepala serta gejalanya. Semoga Anda semakin waspada akan setiap gejala sakit kepala.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar