Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan Anak10 Alasan Anak Perlu Bermain di Luar Rumah
Kesehatan Anak

10 Alasan Anak Perlu Bermain di Luar Rumah

dr. Dyah Novita Anggraini, 16 Des 2016

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan biarkan anak terkungkung tembok seharian. Ajak ia bermain di luar rumah bersama Anda maupun teman-teman sebayanya. Manfaatnya sangat banyak, lho!

10 Alasan Anak Perlu Bermain di Luar Rumah

Sebagian orangtua terkadang membatasi anak mereka untuk bermain di luar rumah. Alasannya, takut anak akan terpapar penyakit apabila bermain di luar rumah. Jika Anda termasuk orangtua yang demikian, mulailah untuk mengubah hal tersebut. Sebab, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh untuk tumbuh kembangnya.

Berikut ini 10 alasan anak perlu bermain di luar rumah:

1.Menambah aktivitas belajar anak

Bermain di luar memberi anak kesempatan untuk melihat dan menyentuh langsung benda-benda yang sebelumnya hanya ia lihat di buku pelajaran. 

2.Meningkatkan daya tahan tubuh

Semakin dini anak terpapar dengan lingkungan luar, semakin dini pula ia terpapar bakteri yang tentunya banyak tersebar di lingkungan luar. Paparan secara alami ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3.Merangsang pertumbuhan fisik anak

Saat bermain di luar rumah, anak memiliki kesempatan untuk melompat, berkejar-kejaran, serta menggerakkan tubuhnya dengan cara-cara yang tidak terbatas. Ini baik untuk meningkatkan perkembangan otot-otot anak.

4.Mendapatkan asupan vitamin D

Bukan informasi yang baru bahwa vitamin D diolah dengan bantuan paparan sinar matahari. Namun, selain untuk pertumbuhan tulang, vitamin D juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

5.Menstimulasi kreativitas anak

Tidak ada aturan baku saat bermain di luar rumah. Anak pun akan bermain seusai dengan kreativitasnya atau menggunakan imajinasi yang seluas-luasnya.

6.Merangsang kepemimpinan anak

Bakat kepempimpinan anak akan terasah saat bermain teman-teman sebayanya di luar rumah. Sebab ia memiliki kesempatan untuk mengatur tema permainan dan menghadapi tantangan yang terjadi saat itu.

7.Menumbuhkan rasa percaya diri anak

Di luar rumah, anak akan bertemu banyak hal yang tak terduga, misalnya tebing atau undakan. Ajak anak untuk memegang atau memanjatnya. Hal ini secara tidak langsung akan mengasah rasa percaya dirinya.

8.Menstimulasi keterampilan sosial anak

Lingkungan luar akan mendorong anak untuk berinteraksi dengan anak-anak yang lain. Di sinilah keterampilan sosialnya akan terasah.

9.Mengurangi risiko obesitas

Aktivitas di luar rumah membuat anak bebas dan aktif bergerak, sehingga risiko terjadinya obesitas dapat dihindari.

10.Meningkatkan konsentrasi anak

Menghabiskan waktu di luar rumah dapat meningkatkan daya konsentrasi anak. Hal ini dibuktikan pada pasien ADHD, yaitu gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta sulit memusatkan perhatian.

Sungguh banyak, bukan, manfaat dari bermain di luar rumah? Ayo, ajak anak Anda bermain di luar rumah bersama seluruh anggota keluarga.

Masih punya pertanyaan seputar topik ini? Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter secara online melalui layanan Tanya Dokter.

[RS/RH]

BermainAnakSerba-Serbi Alergi AnakDi Luar Rumah

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter