Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakInilah Tanda-Tanda Anak Anda Perlu Pakai Kacamata
Kesehatan Anak

Inilah Tanda-Tanda Anak Anda Perlu Pakai Kacamata

dr. Karin Wiradarma, 14 Des 2016

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak hanya orang dewasa, anak pun dapat mengalami gangguan tajam penglihatan yang memerlukan kacamata.

Inilah Tanda-Tanda Anak Anda Perlu Pakai Kacamata

“Ah, masa kecil-kecil sudah pakai kacamata?”. Jangan salah, anak kecil pun dapat mengalami kelainan tajam penglihatan –baik itu rabun dekat, rabun jauh, maupun permukaan kornea mata yang tidak rata– yang harus dikoreksi dengan penggunaan kacamata.

Namun, bagaimana cara mengetahui apakah anak Anda membutuhkan kacamata atau tidak, jika ia belum bersekolah serta belum dapat membaca dan menulis?

Jangan khawatir. Berikut ini gejala dan tanda gangguan penglihatan pada anak : 

1. Memicingkan Mata

 

Mata Anak Kelilipan Debu Saat Lomba 17 Agustus? Ini Solusinya (Zurijeta/Shutterstock)

Anak Anda sering memicingkan mata ketika membaca buku, bermain gadget, atau menonton TV? Jika hanya sekali dua kali, kemungkinan hal tersebut bukanlah suatu pertanda. Namun, jika ia sering memicingkan mata ketika sedang berkonsentrasi ke suatu objek, maka Anda patut curiga ia mengalami kelainan tajam penglihatan.

Artikel Lainnya : Warna Lensa Kacamata Hitam Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata?

2. Jarak Terlalu Dekat

Anak sering kali menonton TV atau membaca buku dalam jarak yang terlalu dekat dan keberatan bila diminta menjauh. Jika hal tersebut berlangsung terus-menerus, maka ada kemungkinan anak Anda mengalami miopia (rabun jauh).

3. Menutup Sebelah Mata

Apabila anak sering menutup sebelah mata ketika menonton TV, membaca buku, atau bermain gadget, kemungkinan ini pertanda bahwa ia mengalami gangguan penglihatan.

4. Sulit Melihat Detail

Perlunya Cek Mata Anak Sebelum Masuk Sekolah

Tajam penglihatan yang menurun akan membuat anak kurang dapat melakukan pekerjaan detail dengan baik, seperti mewarnai, menggambar, menulis, dan membaca. Tak jarang ia tidak tahan lama ketika melakukan aktivitas tersebut, karena kendala pada penglihatannya.

5. Sering Mengusap Mata

Anak yang sering kali mengusap atau mengucek matanya –terutama setelah beberapa lama menonton TV, gadget, atau membaca– adalah tanda ia mengalami kelelahan pada mata. Kelelahan pada mata tersebut bisa merupakan tanda mata kering karena jarang berkedip, atau dapat pula merupakan gejala gangguan penglihatan.

Jika memiliki ciri-ciri di atas, segera ajak anak untuk diperiksa oleh dokter spesialis mata. Diagnosis yang dilakukan sejak dini akan menjamin keberhasilan terapi yang lebih tinggi. 

Artikel lainnya: Mata Silinder Tapi Ogah Pakai Kacamata? Hati-hati Bisa Komplikasi!

Gangguan PenglihatanKacamataAnakUrtikaria Pada Anak

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter