Sukses

Awas, Binatang Ini Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya!

Meskipun menggemaskan, namun tahukah Anda bahwa binatang juga dapat mengancam kesehatan manusia?

Binatang terdiri dari banyak ragam, variasi dan tingkah laku. Meskipun terlihat menggemaskan, makhluk ini juga bisa menjadi media yang baik untuk penyebaran penyakit.

Ini karena ada begitu banyak kuman, virus, dan jamur yang kerap menempel di tubuh binatang tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa binatang yang membawa mikroorganisme berbahaya bagi kesehatan manusia:

  1. Lalat

Lalat memiliki kebiasaan hinggap di mana saja. Binatang ini mengeluarkan ludah serta kotoran di tempat yang dihinggapinya. Itulah sebabnya binatang kecil ini dapat menjadi pembawa berbagai macam penyakit.

Paling tidak, ada sekitar 65 penyakit yang disebabkan oleh lalat. Beberapa di antaranya adalah demam tifoid, diare, dan disentri.

  1. Nyamuk

Malaria, demam dengue, zika, dan chikungunya adalah beberapa penyakit yang dilatarbelakangi oleh nyamuk. Binatang ini biasanya mentransmisikan virus dan parasit ke dalam darah manusia melalui air liurnya dengan cara menggigit.

  1. Kucing dan Anjing 

Toxoplasmosis dan rabies adalah 2 penyakit yang paling sering dikaitkan dengan kucing dan anjing. Kotoran kucing dapat mengandung Toxoplasma. Sedangkan virus rabies terdapat pada air liur anjing, yang ditransmisikan lewat gigitan.

  1. Unggas

Burung dan ayam dapat menjadi perantara virus influenza avian tipe-A, atau yang lebih dikenal sebagai flu burung. Virus ini terdapat pada air liur, sekret hidung, dan kotoran binatang jenis ini. Kontak dengan hal-hal tersebut dapat membuat manusia terinfeksi virus berbahaya ini.

Untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut, menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah suatu tindakan yang sangat penting. Jika kerap dikelilingi oleh binatang-binatang di atas, pastikan diri Anda rajin mencuci tangan dengan baik dan benar.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar