Sukses

Tip Atasi Mual Akibat Sakit Lambung

Sering alami mual akibat sakit lambung? Tidak perlu khawatir, begini cara mengatasinya.

Mual merupakan gejala yang sering dialami saat sakit lambung menyerang. Kondisi ini tergolong sering terjadi pada masyarakat Indonesia. Anda salah satunya?

Mual merupakan suatu gejala sakit lambung atau mag, yang dalam istilah medis disebut dengan gastritis. Gastritis adalah sebuah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih.

Kondisi ini terjadi secara tiba-tiba, menyebabkan tidak nafsu makan, dan dapat berlangsung seharian. Tak heran jika ini sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Untuk mengatasinya, ini yang bisa Anda lakukan:

  1. Berhenti makan sementara waktu

Hindari makan sementara waktu, minimal 1 jam setelah serangan terjadi. Di saat melakukannya, Anda diperbolehkan untuk minum air putih secukupnya. Ini karena air putih dapat menetralisir kadar asam di dalam lambung.

  1. Hindari makan berlebihan

Setelah 1 jam tidak makan dan gejala mual mulai berkurang, Anda diperbolehkan untuk makan sedikit dengan intensitas lebih sering. Tindakan ini untuk menghindari perut menjadi kembung, karena makan terlalu berlebihan setelah perut kosong.

  1. Hindari hal ini

Saat mual menyerang, Anda disarankan untuk menghindari:

  • Makanan yang merangsang peningkatan asam lambung, seperti:
  • Kopi, sari buah sitrus, susu
  • Makanan yang sangat pedas atau asam
  • Makanan yang memperlambat pengosongan lambung, misalnya: cokelat, keju, dan makanan berlemak
  • Makanan dan minuman yang mengandung banyak gas, misalnya: sayur sawi, kol, brokoli, buah nangka dan minuman bersoda
  • Merokok dan konsumsi alkohol
  1. Hindari obat NSAID

Untuk mengurangi rasa perih di perut dan gejala mual yang semain parah, hindari penggunaan obat-obatan NSAID, seperti aspirin, ibuprofen. Obat golongan ini akan memperparah kondisi lambung Anda.

  1. Konsumsi obat mual jika keluhan tidak kunjung membaik

Jika gejala mual tidak kunjung membaik dan terasa semakin mengganggu, segera konsumsi obat antimual sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan obat.

Jika keluhan mual akibat sakit lambung belum juga membaik, segera kunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar