HomeGaya hidupDiet dan NutrisiJangan Tidur Setelah Makan, Ini Bahayanya
Diet dan Nutrisi

Jangan Tidur Setelah Makan, Ini Bahayanya

dr. Dyah Novita Anggraini, 06 Des 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Setelah makan, sebagian besar orang biasanya akan langsung mengantuk dan tidur begitu saja. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya, lho!

Jangan Tidur Setelah Makan, Ini Bahayanya

Setelah makan, sebagian besar orang biasanya akan langsung mengantuk dan tidur begitu saja. Anda termasuk yang demikian? Jika ya, waspadalah! Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya, lho!

Setelah makan, tubuh akan secara alami bekerja lebih keras untuk mengolah makanan yang masuk. Jika Anda langsung tidur setelah makan, inilah penyakit-penyakit berbahaya yang akan mengintai:

1. Gastro-esophageal Reflux Disease (GERD)

Tidur setelah makan akan meningkatkan risiko seseorang untuk terserang GERD. Ini adalah penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan. Penderita akan merasakan sensasi seperti terbakar di dada dan mulut terasa asam.

2. Sleep apnea

Sleep apnea akan meningkat jika penyakit GERD sering terjadi secara berulang. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan tidur setelah makan. GERD yang berulang akan menyebabkan penyempitan saluran napas, sehingga penderitanya berpotensi mengalami henti napas saat tertidur.

3. Stroke

Selain kedua penyakit di atas, stroke juga akan menghampiri Anda jika mempunyai kebiasaan tidur setelah makan. Menurut penelitian di University of Loannina Medical School, orang yang menunggu untuk tidak langsung tidur selama 60-70 menit setelah makan akan mengurangi risiko stroke sebesar 66%.

Sedangkan orang yang menunggu selama 70 menit sampai dengan 2 jam dapat mengurangi risko stroke sebesar 76%. Penyebab yang mendasari kondisi ini memang belum dapat dipastikan.

Namun beberapa teori menyebutkan bahwa saat tidur tubuh akan bekerja lebih berat dalam mencerna makanan. Pada saat itu, akan terjadi perubahan kadar gula darah, peningkatan tekanan darah dan kolesterol.

Untuk menghindari terjadinya penyakit berbahaya akibat tidur setelah makan, berilah kesempatan saluran pencernaan Anda untuk mencerna makanan. Setidaknya tunggulah paling tidak 60-70 menit sebelum memutuskan untuk benar-benar tidur (berbaring).

Setelah mengetahui bahayanya, masihkah Anda ingin langsung tidur setelah makan?

(NB/RH)

MaagTidur setelah makanSolusi Masalah PencernaanMag

Konsultasi Dokter Terkait