Sukses

Apakah Sakit Mag Bisa Disembuhkan?

Mag merupakan penyakit yang sering terjadi secara berulang. Pertanyaannya: Bisakah disembuhkan?

Mag bisa dibilang merupakan masalah sejuta umat. Pasalnya, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menderita penyakit ini.

Pada dasarnya mag adalah penyakit yang umumnya menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas, mual, atau bahkan muntah. Kondisi ini sudah pasti mengganggu aktivitas penderitanya.

Jika Anda adalah salah satu penderitanya, tidak perlu khawatir. Penyakit yang satu ini bisa disembuhkan. Tapi yang perlu diingat adalah mengetahui penyebabnya dan mengobatinya dengan benar.

Ada dua penyebab sakit mag, yaitu:

  1. Penyebab organik

Mag organik terjadi karena adanya kelainan anatomi tubuh. Contohnya luka di kerongkongan, lambung, atau usus dua belas jari Úntuk mengetahuinya, Anda dapat melakukan pemeriksaan endoskopi (menggunakan teropong di saluran pencernaan atas).

  1. Penyebab fungsional

Mag fungsional terjadi apabila pemeriksaan endoskopi yang dijalani penderita memberikan hasil yang nihil. Atau bisa juga karena tidak tidemukan adanya perlukaan pada organ-organ di saluran cerna. Keturunan (faktor genetik) dan gaya hidup adalah penyebab yang mendasari mag jenis ini.

Faktor gaya hidup yang mendasari mag fungsional, yakni:

  • Pola makan yang tidak teratur
  • Merokok, konsumsi alkohol dan stres
  • Konsumsi makanan yang merangsang peningkatan asam lambung, seperti:
  • Kopi, sari buah sitrus, susu
  • Makanan yang sangat pedas atau asam
  • Makanan yang memperlambat pengosongan lambung, seperti cokelat, keju, dan makanan berlemak
  • Makanan dan minuman yang mengandung banyak gas, seperti sayur sawi, kol, brokoli, buah nangka dan minuman bersoda

Anda penderita mag organik? Jika pengobatan dilakukan dengan tepat, maka sakit mag tidak akan terjadi lagi.

Bagaimana dengan penderita sakit mag fungsional? Selama Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dan menghindari faktor-faktor pencetus asam lambung meningkat, maka penyakit ini tidak akan kambuh lagi.

Sekarang sudah tahu ‘kan fakta yang sebenarnya terkait sakit mag dapat disembuhkan atau tidak? Semoga penjelasan di atas dapat menjawab rasa penasaran Anda, ya!

(NB/RH) 

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar