Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakTips ParentingMelatih Keberanian Anak dengan Panjat Tebing
Tips Parenting

Melatih Keberanian Anak dengan Panjat Tebing

dr. Karin Wiradarma, 21 Nov 2016

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Olahraga panjat tebing tidak hanya melatih anak untuk menjadi pemberani. Ada lagi beberapa manfaat lainnya yang tak kalah menguntungkan. Yuk, baca selengkapnya di sini.

Melatih Keberanian Anak dengan Panjat Tebing

Mungkin Anda berpikir bahwa panjat tebing adalah olahraga ekstrem yang tidak mungkin dilakukan oleh anak. Selain berbahaya, bukankah olahraga tersebut terlalu berat untuk anak-anak?

Jangan khawatir, ada juga olahraga panjat tebing indoor yang aman untuk anak-anak. Dengan ketinggian dan tingkat kesulitan yang dapat dilakukan oleh anak, olahraga ini relatif aman karena didukung oleh alat-alat pengaman dan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman.

Manfaat Panjat Tebing

Olahraga panjat tebing memberikan banyak manfaat bagi anak. Dengan melakukan olahraga panjat tebing, anak dilatih untuk berani berada pada ketinggian tertentu. Selain itu, kepercayaan diri anak pun dipupuk dengan kegiatan ini.

Panjat tebing mengajarkan anak memiliki satu tujuan: mencapai puncak. Untuk meraih tujuan tersebut, anak dilatih untuk memiliki konsentrasi, fokus, dan kedisiplinan. Olahraga ini juga berfungsi untuk melatih kemampuan motorik anak. Semua otot di tubuhnya, terutama lengan dan tungkai, bekerja keras dalam mengangkat badan anak untuk naik.

Penting untuk Diperhatikan

Sebelum melakukan olahraga ini, pastikan anak sudah cukup besar untuk dapat mengerti instruksi. Ia harus mendengarkan dan mengerti instruksi dari pendamping mengenai peraturan keselamatan panjat tebing.

Di samping itu, pastikan ia menggunakan alat keselamatan dengan baik dan melakukan panjat tebing dalam pengawasan instruktur yang berpengalaman.

Selamat panjat tebing!

Panjat TebingAnakKeberanian Anak

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter