Sukses

Wortel Sebabkan Bayi Sulit BAB, Benarkah?

Sebagian orang mengatakan bahwa wortel dapat menyebabkan bayi sulit BAB. Apakah hal ini hanya mitos belaka atau fakta?

Wortel adalah salah satu sayuran yang cukup dapat diterima dan disukai oleh sebagian besar anak. Rasanya memang ‘bersahabat’ untuk lidah; manis dan tidak pahit. Namun, beberapa orangtua ragu untuk memberikan wortel kepada bayinya. Pasalnya, wortel dianggap dapat menyebabkan bayi sulit BAB. Apakah hal ini hanya mitos atau fakta?

Wortel merupakan salah satu makanan sumber serat yang baik. Satu wortel besar mengandung 1.2 gram serat yang tidak larut air. Serat jenis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan usus. Penyebabnya karena serat ini memiliki efek menarik air dan memberi massa kepada feses sehingga feses menjadi lebih lunak dan tidak keras. Secara tidak langsung, kondisi ini akan membuat gerakan usus menjadi lebih teratur serta perut terasa lebih nyaman. Massa feses yang lunak serta gerakan usus yang teratur ini akan membuat anak buang air besar dengan mudah.

Selain mengandung serat, wortel juga memiliki kandungan nutrisi lain yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, biotin, natrium, dan kalium. Zat-zat tersebut membuat wortel tidak hanya bermanfaat dalam proses defekasi anak. Namun, juga berguna untuk meningkatkan penglihatan, mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular, serta meningkatkan kesehatan kulit dan gigi.

Jadi, bisa dikatakan bahwa jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, wortel memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Mengapa harus ditekankan ‘dalam jumlah yang cukup’? Karena bila dikonsumsi secara berlebihan, wortel dapat menyebabkan kondisi karotenemia atau hiperkarotenemia yang ditandai dengan warna kulit dan mata yang kekuningan. Kondisi ini memang tidak berbahaya, tetapi tetap perlu dihindari agar tidak menimbulkan komplikasi dan masalah kesehatan pada anak. 

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar