Sehat dan Bugar

Kiat Atasi Pegal Setelah Berolahraga

dr. Muhammad Anwar Irzan, 16 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Rasa pegal setelah berolahraga bisa diatasi dengan mudah. Baca selengkapnya di sini.

Kiat Atasi Pegal Setelah Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu kebutuhan tubuh, layaknya makan dan minum. Sayangnya, memulai berolahraga sering dianggap sesuatu yang sulit, apalagi konsisten dalam berolahraga.

Seringkali Anda sudah keburu ‘ambruk’ memikirkan salah satu efek sampingnya: pegal-pegal.  Ya, Anda pasti pernah merasa pegal setelah berolahraga, kan?

Rasa tidak nyaman karena pegal usai berolahragalah yang sering menurunkan niat untuk melakukannya kembali keesokan harinya. Padahal, pegal setelah berolahraga adalah hal yang normal.

Pegal dapat timbul sekitar 24 hingga 48 jam setelah berolahraga. Namun, keluhan akan hilang dengan sendirinya jika beristirahat. Eits! Ini bukan berarti Anda berhenti berolahraga sampai menunggu pegalnya hilang, ya.

Untuk mengatasi rasa pegal setelah berolahraga, kiat-kiat berikut bisa dilakukan:  

  1. Sebelum berolahraga, lakukan pemanasan dengan baik. Pemanasan yang dilakukan harus sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan. Pemanasan berguna untuk mengurangi rasa nyeri akibat kekakuan dan kontraksi otot.
  2. Lakukan pendinginan setelah berolahraga. Hal ini dapat membuat otot mengurangi kontraksinya secara perlahan, serta sangat membantu mengurangi pegal setelah berolahraga.
  3. Setelah berolahraga, sebelum pegal timbul, gunakan kompres hangat untuk meningkatkan suhu pada otot-otot yang dipakai untuk berolahraga. Saat suhu otot meningkat, otomatis aliran darah akan meningkat sehingga substansi kimia penyebab nyeri menjadi hilang.

Satu hal yang sangat penting: beristirahatlah jika tubuh terasa sangat pegal. Gunakan bagian tubuh lain untuk tetap berolahraga, karena rasa pegal umumnya tidak menyerang seluruh bagian otot. Jadi, tetap semangat untuk berolahraga, kan?

[RS/RH]

OlahragaPegalNyeri Otot & SendiOtot Pegal

Konsultasi Dokter Terkait