Diet dan Nutrisi

Sering Pegal? Awas Kekurangan Vitamin B

dr. Muhammad Anwar Irzan, 16 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Umur masih muda, tetapi gampang pegal dan lelah. Bisa jadi Anda kekurangan vitamin B.

Sering Pegal? Awas Kekurangan Vitamin B

Belakangan ini, Yudi, seorang karyawan swasta, mengeluh tubuhnya sering pegal. Saat mengeluhkan hal ini pada teman-temannya, salah seorang mengatakan bahwa kemungkinan ia kurang vitamin B.

Anda mungkin bertanya-tanya: “Apa hubungan antara vitamin B dan pegal-pegal?” Kami yakin Anda pasti tahu bahwa vitamin B merupakan salah satu dari sekian banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

Pada dasarnya vitamin B bekerja di sistem saraf –termasuk aktivitas otot yang dipengaruhi oleh fungsi saraf. Saat kekurangan vitamin B, tubuh akan memberikan tanda-tanda. Salah satu tandanya adalah pegal pada tangan atau kaki.

Namun, ingat! Pegal ini tidak selalu disebabkan oleh kekurangan vitamin B. Olahraga berlebihan juga dapat membuat seseorang mengalami pegal. Ini bisa terjadi karena penimbunan asam laktat pada otot.

Lalu, bagaimana membedakan pegal akibat kekurangan vitamin B atau hal lainnya? Pegal yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B biasanya disertai oleh gangguan pada saluran pencernaan dan tubuh yang terasa lemas.

Keluhan lain yang mungkin dirasakan adalah rasa kebas atau kesemutan pada bagian lengan dan kaki. Apabila keluhan pegal ini tidak ditangani secara serius, gangguan yang lebih berat dapat timbul.

Kecacatan permanen akibat rusaknya sistem saraf bisa terjadi. Hal ini dikarenakan vitamin B dapat berdampak secara langsung pada sistem saraf.  Untuk mengetahui apakah Anda kekurangan vitamin B, lakukanlah pemeriksaan darah secara rutin.

Selain itu, cukupi kebutuhan vitamin B dengan mengonsumsi daging sapi, kambing, ayam, telur, dan tuna. Makanan pokok seperti gandum juga memiliki kandungan vitamin B yang cukup banyak.

Selain asupan makanan yang baik, aktivitas fisik juga diperlukan untuk menjaga otot dan saraf tetap sehat. Olahraga rutin membuat sirkulasi darah terjaga dengan baik. Hal ini akan berpengaruh pada distribusi vitamin dan mineral pada seluruh bagian tubuh, termasuk saraf dan otot.

[RS/RH]

vitamin BPegalPencegahan NyeriKesemutan

Konsultasi Dokter Terkait