HomeInfo SehatKesehatan UmumWaspadai Nyeri Punggung yang Tak Kunjung Hilang
Kesehatan Umum

Waspadai Nyeri Punggung yang Tak Kunjung Hilang

dr. Muhammad Anwar Irzan, 16 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sudah berminggu-minggu nyeri punggung? Segera periksakan ke dokter dan baca artikel ini.

Waspadai Nyeri Punggung yang Tak Kunjung Hilang

Nyeri punggung merupakan salah satu gangguan yang sering dialami oleh banyak orang. Ada banyak hal yang dapat menjadi pencetusnya.

Beberapa pencetus nyeri punggung adalah posisi yang kurang baik saat duduk atau berdiri dan mengangkat barang dengan tidak tepat. Namun, penyebab yang paling sering adalah peradangan pada otot-otot punggung.

Banyak keluhan dari nyeri punggung membaik dengan sendirinya. Tubuh Anda memiliki mekanisme penyembuhannya sendiri, termasuk untuk kondisi peradangan yang ringan. Caranya hanya dengan beristirahat secara cukup.

Namun, bagaimana jika nyeri punggung tidak kunjung hilang, misalnya lebih dari seminggu? Jangan anggap remeh jika hal itu terjadi.

Kemungkinan nyeri tersebut disebabkan oleh gangguan yang lebih serius. Salah satunya bisa diakibatkan oleh saraf pada tulang belakang yang terjepit.

Jika ini terjadi, segeralah bawa diri ke dokter. Ada dokter spesialis yang bertanggung jawab untuk mengurangi keluhan nyeri punggung, seperti dokter spesialis saraf dan dokter spesialis rehabilitasi medik.

Untuk mengurangi gejala dari nyeri punggung (sebagai pertolongan pertama), obat antinyeri seperti parasetamol atau ibuprofen bisa digunakan. Kompres hangat dan dingin juga membantu otot-otot untuk lebih rileks.  

Agar tidak terkena nyeri punggung, perhatikan bagaimana posisi duduk dan berdiri yang baik. Selain itu, berhati-hatilah saat mengangkat suatu barang, terutama barang yang berat.

Olahraga ringan seperti jalan dan berenang sangat bermanfaat untuk mencegah nyeri punggung. Begitu juga dengan yoga dan pilates yang akan membantu meningkatkan fleksibilitas sekaligus menguatkan otot-otot punggung.

Bagaimana? Anda merasa lebih baik setelah mengetahui fakta tentang nyeri punggung yang tak kunjung hilang? Semoga nyeri punggung Anda segera sembuh!

[RS/RH]

Nyeri Otot & SendiKompresNyeri SendiNyeri Punggung

Konsultasi Dokter Terkait