Sukses

Sakit Kepala di Sekitar Mata

Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi sakit kepala di sekitar mata? Baca selengkapnya di sini.

Sering merasa sakit kepala di sekitar mata? Jika ya, bisa jadi Anda mengalami sakit kepala cluster atau klaster. Jenis sakit kepala ini biasanya bersifat singkat dan menyebabkan sakit kepala yang sangat berat. Penyebab sakit kepala klaster masih belum diketahui secara pasti, namun saraf pada wajah diduga berperan. Sakit kepala klaster menyerang satu dari 1.000 orang dan lebih sering menyerang wanita.

Kenali Gejalanya

Sakit kepala klaster menyebabkan sakit kepala yang intensitasnya meningkat dengan cepat, dalam 5 sampai 10 menit. Biasanya sakit kepala klaster berlangsung dalam waktu yang singkat, yaitu selama 30 sampai 90 menit. Penderita sakit kepala ini dapat mengalami serangan sebanyak satu sampai tiga kali per hari.

Sakit kepala klaster umumnya menyerang satu sisi kepala. Penderita biasanya mengetahui tanda-tanda serangan sakit kepala dari beberapa keluhan. Salah satu gejala yang sering dikeluhkan adalah sakit kepala di sekitar mata. Sakit kepala ini juga dapat menyebar ke area dahi, hidung, dan pipi pada bagian yang sama. Keluhan lain yang juga sering muncul adalah rasa tidak nyaman pada bagian kepala yang sakit, mata berair, atau wajah terasa panas.

Cara Mengatasinya

Pemberian oksigen dengan masker oksigen merupakan salah satu terapi sakit kepala klaster. Pengobatan untuk sakit kepala klaster adalah pemberian obat golongan triptan. Obat lain yang dapat digunakan adalah golongan ergot dan lithium. Jika berbagai cara tidak berhasil, penderita dapat mempertimbangkan pembedahan pada saraf trigeminal, yang diduga berperan dalam terjadinya sakit kepala ini.

Jika Anda mengalami berbagai keluhan yang dipaparkan di atas, kunjungilah dokter terdekat untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar