Sukses

Awas, Sakit Kepala Disertai Muntah Bisa Jadi Gejala Ini

Sakit kepala, keluhan kesehatan ini memang sangat umum. Namun, jika disertai muntah, Anda perlu lebih waspada dengan kemungkinan yang terjadi.

Jangan sepelekan sakit kepala yang disertai muntah. Hal ini bisa jadi merupakan gejala dari beberapa penyakit berbahaya.

Sakit kepala hebat disertai muntah diakibatkan oleh adanya peningkatan tekanan dalam kepala. Berhati-hatilah akan kondisi tersebut. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sakit kepala hebat disertai muntah.

Stroke

Stroke adalah suatu keadaan ketika pembuluh darah otak pecah dan menyebabkan darah keluar dari pembuluh darah, memenuhi ruang rongga tengkorak. Hal ini dapat mengakibatkan desakan pada otak dan merangsang saraf nyeri pada selaput otak.

Peningkatan tekanan dalam tengkorak inilah yang juga berperan memicu muntah. Selain sakit kepala dan muntah, gejala lainnya adalah tangan dan kaki yang melemah, bibir mencong atau bicara kurang jelas, kehilangan koordinasi tubuh, dan penurunan kesadaran.

Tumor Otak

Diperkirakan 1% penyebab sakit kepala adalah tumor otak dan 30% gejala awal tumor otak adalah sakit kepala. Sifat sakit kepala ini bervariasi, mulai dari ringan hilang timbul sampai berat dan berdenyut.

Umumnya bertambah berat pada malam hari dan pada saat bangun tidur pagi. Muntah dijumpai pada 1/3 penderita dengan gejala tumor otak.

Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit mata yang diakibatkan oleh peningkatan tekanan bola mata dan dapat merusak serabut saraf retina. Peningkatan tekanan pada bola mata akan merangsang saraf nyeri.

Peningkatan tekanan tersebut menyebabkan sakit kepala disertai muntah yang bisa dikenali sebagai gejala glaukoma. Selain itu, gejala-gejala glaukoma lainnya yaitu mata memerah, melihat bayangan lingkaran di sekeliling cahaya, dan sebagainya.

Waspadalah jika Anda atau keluarga mengalami sakit kepala disertai muntah. Bisa saja hal tersebut merupakan gejala yang berbahaya dan harus mendapatkan penanganan segera.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar