Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulitBagaimana Menjaga Kebersihan Pusar?
Kulit

Bagaimana Menjaga Kebersihan Pusar?

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 10 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kebersihan pusar sering kali luput dari perhatian. Tahukah Anda bahwa area yang satu ini bisa menjadi ‘tempat tingal’ bagi sejumlah bakteri?

Bagaimana Menjaga Kebersihan Pusar?

Bagaimana bentuk pusar Anda? Maju ke depan atau masuk ke dalam? Anda mungkin tidak terlalu memerhatikannya atau bahkan tidak perduli. Wajar saja, sebab pusar memang sering disebut-sebut sebagai bagian tubuh yang terlupakan. Padahal, tanpa Anda sadari kebersihan pusar memiliki arti penting dalam hal kesehatan.

Pusar adalah bagian tubuh manusia yang ukurannya kecil, buntu, dan memiliki banyak lekukan. Selain itu, pusar juga biasanya tertutup pakaian. Tapi seharusnya itu tak boleh dijadikan alasan untuk mengabaikan soal kebersihan pusar. Pasalnya, penelitian menyebutkan bahwa pusar adalah ‘tempat tinggal’ bagi 67 jenis bakteri.

Cara menjaga kebersihan pusar sebenarnya sangat mudah. Anda bisa melakukannya dengan membersihkan pusar secara rutin menggunakan air dan sabun. Tindakan ini paling mudah dilakukan ketika Anda mandi. Tidak perlu disikat atau digosok terlalu kuat, Anda cukup membilasnya saja agar pusar tidak infeksi.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mencuci tangan sebelum memegang pusar. Setelah memegang pusar pun Anda perlu mencuci tangan –apalagi jika hendak makan. Dengan demikian, Anda tidak hanya mengurangi jumlah bakteri yang bersarang di sana, tapi juga menjaga kebersihan tangan dari kuman yang berpotensi menimbulkan penyakit.

Mulai sekarang, jangan lagi sepelekan kebersihan pusar Anda. Toh ini untuk kesehatan diri sendiri. Jadi mari mulai beraksi dari sekarang.

(NB/RH)

KebersihanPusarBentuk PusarPencegahan Penyebaran Mikro-Organisme

Konsultasi Dokter Terkait