Kesehatan Bayi

Siapkan Awal Kehidupan Terbaik bagi Si Kecil

Klikdokter, 20 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

PRENAGEN kembali mengadakan acara edukasi terlengkap “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey”. Acara ini diperuntukkan bagi para calon orangtua di berbagai kota di Indonesia.

Siapkan Awal Kehidupan Terbaik bagi Si Kecil

Mengulang kesuksesan tahun-tahun sebelumnya, PRENAGEN kembali mengadakan acara edukasi terlengkap “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey”, yang diperuntukkan bagi para calon orangtua di berbagai kota di Indonesia.

Dalam acara ini, terdapat dua sesi edukasi yang bisa diikuti oleh para calon orangtua, yakni:

  1. Interaktif Talkshow dengan tema “Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil!” bersama dr. Boy Abidin, Sp.OG (K), Roslina Verauli – Psikolog Keluarga, Irene F. Mongkar – Praktisi Stimulasi Anak.
  2. Education Center berupa kelas edukasi dan konsultasi gratis. Dimulai dari Kelas Persiapan Kehamilan, Kelas Hamil, Kelas Menyusui, dan Kelas Nutrisi Sehat.

Artikel lainnya: Mengenal Panjang dan Berat Badan Bayi Baru Lahir Normal

Cara Mencegah Bayi Lahir Cacat

Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian kampanye “PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat” di tahun 2016. Tak hanya itu, tapi ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang memilih PRENAGEN sebagai Ahlinya Nutrisi Kehamilan dalam menemani para calon orangtua untuk menjalankan perannya. Kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk bukti kepedulian PRENAGEN dalam menyadarkan para calon orangtua akan pentingnya nutrisi dan stimulasi di awal 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil, yang pada akhirnya dapat membantu menurunkan angka kematian ibu melahirkan di Indonesia.

Artikel lainnya: Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 39 Minggu

1000 Hari Pertama Si Kecil

En Caul Birth, Saat Bayi Lahir Masih di dalam Kantong Ketuban

Seribu hari pertama kehidupan kehamilan adalah periode 1000 hari sejak terjadinya pembuahan di dalam kandungan, hingga anak berusia 2 tahun. Periode ini disebut sebagai periode emas (golden period), yang jika tidak dimanfaatkan dengan baik dapat menyebabkan kerusakan yang bersifat permanen.

Malnutrisi (kurang gizi) merupakan penyebab kematian 2,6 juta anak setiap tahunnya di seluruh dunia. Jutaan anak juga hidup dengan gangguan fisik dan kognitif, karena mereka tidak mendapatkan nutrisi yang cukup pada 1000 hari pertama kehidupannya. Karena itu, tindakan pencegahan sangat perlu dilakukan pada ibu yang sedang hamil dan pada anak itu sendiri. Prinsip utama yang perlu diterapkan adalah:

  1. Suplementasi asam folat dan zat besi. Untuk mencegah anemia defisiensi (kekurangan) zat besi.
  2. ASI esklusif. Untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi di 6 bulan pertama kehidupannya.
  3. MPASI. Untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi di 6 berikutnya, setelah pemberian ASI ekslusif.
  4. Suplementasi vitamin A. Untuk mencegah kerusakan organ penglihatan dan penyakit diare.
  5. Pemberian zink saat anak diare. Untuk membantu anak pulih lebih cepat, serta mencegah diare berulang.
  6. Air, sanitasi, dan kebersihan. Salah satu cara sederhana dalam menerapkan hidup bersih adalah dengan mencuci tangan. Ini dapat membantu mencegah infeksi saluran pencernaan dan pernapasan.

Artikel lainnya: Cara Menghitung Hari Perkiraan Lahir Bayi

Untuk membantu ibu di awal 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil, PRENAGEN hadir dengan serangkaian produk berformula PRENAPRO yang dirancang khusus dengan varian terlengkap untuk setiap tahap kehamilan.

  • Prenagen Esensis untuk nutrisi persiapan kehamilan.
  • Prenagen Mommy Emesis untuk nutrisi kehamilan, mengurangi mual muntah.
  • Prenagen Mommy untuk nutrisi masa kehamilan.
  • Prenagen Lactamom untuk nutrisi masa menyusui.
  • Prenagen Juice untuk masa persiapan hamilan, hamil dan masa menyusui.

(NB/RH)

Konsultasi Dokter Terkait