Kehamilan

Kiat Sukses Program Bayi Tabung

Klikdokter, 09 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kiat Sukses Program Bayi Tabung

Kiat Sukses Program Bayi Tabung

Program bayi tabung merupakan jalan keluar bagi pasangan yang kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Keberhasilan program ini bisa mencapai 40-50%, asalkan faktor-faktor penunjangnya terpenuhi.

Program bayi tabung itu sendiri merupakan sebuah metode pengambilan sperma dan sel telur untuk dipertemukan di luar organ wanita agar terjadi pembuahan. Setelah matang dan terjadi pembuahan, maka akan dimasukkan kembali ke dalam rahim wanita.

Beberapa faktor pendukung yang menunjang keberhasilan program ini antara lain:

  1. Usia

Angka keberhasilan program bayi tabung sangat dipengaruhi oleh faktor usia. Ini karena sel telur yang dihasilkan bekualitas kurang baik, dengan jumlah lebih sedikit. Persentase keberhasilan program bayi tabung terkait usia wanita yang menjalaninya adalah:

  • Usia 35 tahun ke bawah: 30-40%
  • Usia 35-40 tahun: 20-30%
  • Usia 40-42 tahun: 13%
  • Usia di atas 44 tahun: 2%
  1. Riwayat kehamilan

Wanita yang pernah melahirkan memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dalam program bayi tabung dibandingkan yang tidak. Sedangkan jika di kehamilan sebelumnya Anda mengalami keguguran, maka angka keberhasilan program bayi tabung akan menurun.

  1. Gaya hidup

Perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik dapat meningkatkan angka keberhasilan program bayi tabung. Untuk itu, yang harus dilakukan adalah:

  • Hindari merokok. Kebiasaan merokok menurunkan kemampuan sel telur dan sperma untuk implantasi.
  • Menurunkan berat badan. Wanita yang kelebihan berat badan memiliki risiko tidak subur lebih tinggi.
  • Hindari minum kopi. Wanita yang minum kopi lebih dari 5 gelas sehari dapat menurunkan angka keberhasilan program bayi tabung sebesar 50%.
  • Berhenti minum alkohol. Pasangan yang minum alkohol 4 gelas dalam seminggu dapat menurunkan angka keberhasilan program bayi tabung sebesar 48%.
  1. Gangguan kesuburan

Jenis gangguan kesuburan turut memengaruhi respons yang didapat oleh pasangan  dalam menjalani program ini.

Jenis gangguan kesuburan dengan respons baik:

  • Gangguan endometriosis pada wanita
  • Penyumbatan saluran telur
  • Jumlah sperma sedikit
  • Adanya gangguan pergerakan sperma

Gangguan kesuburan dengan respons kurang baik:

  • Tumor fibroid
  • Kelainan rahim
  • Kualitas telur yang buruk
  • Lamanya pasangan tidak punya keturunan
  1. Fasilitas kesehatan

Memilih fasilitas kesehatan yang sesuai untuk melaksanakan program bayi tabung sangat penting. Pasalnya, petugas ahli di fasilitas tersebut turut berperan dalam program yang akan Anda jalani.

Untuk memastikan keberhasilan program bayi tabung, faktor di atas sangat penting untuk diperhatikan. Penantian panjang akan kehadiran sang buah hati memang terkadang melelahkan. Namun tetaplah semangat karena Anda tidak sendiri dalam menjalani program ini. Semoga sukses!

Bagi ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan, kini Anda tidak perlu repot lagi mencari asupan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Karena saat ini sudah tersedia PRENAGEN PRENAPRO esensis dengan PRENAPRO Formula.

PRENAGEN PRENAPRO esensis dengan PRENAPRO Formula hadir dengan varian rasa vanilla, cokelat, dan moka. Tidak hanya rasanya yang bervariasi, PRENAGEN PRENAPRO esensis dengan PRENAPRO Formula juga mengandung nutrisi yang diformulasikan khusus untuk wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan.

PRENAGEN PRENAPRO esensis dengan PRENAPRO Formula memiliki kandungan kalsium yang tinggi, vitamin dan mineral, serta rendah lemak. Tidak hanya itu, PRENAGEN PRENAPRO esensis dengan PRENAPRO Formula juga memiliki kandungan asam folat melebihi 100% kebutuhan harian.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan kehamilan, lengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda dengan baik.  Konsumsi PRENAGEN PRENAPRO esensis dengan PRENAPRO Formula dua kali sehari akan melengkapi kebutuhan Anda.

(NB/RH)

Program Bayi TabungAdvertorial

Konsultasi Dokter Terkait