Sukses

Nutrisi Penting Untuk Mengatasi Anemia

Ingin cegah dan atasi anemia? Tidak perlu bingung. Ini nutrisi yang Anda perlukan!

Eritrosit merupakan sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Karena ini mengandung hemoglobin, atau protein kaya zat besi, yang dapat mengikat oksigen. Jika kadar sel darah merah ataupun hemoglobin dalam tubuh kurang dari normal, maka akan terjadi gangguan transportasi oksigen. Kondisi ini dikenal dengan sebutan penyakit anemia.

Anemia memiliki banyak jenis dan sebab. Bisa karena perdarahan, gangguan produksi sel darah merah, dan penghancuran sel darah merah sebelum waktunya. Untuk mencegahnya, diet atau asupan nutrisi berperan sangat penting. Berikut adalah pilihan asupan nutrisi yang harus Anda konsumsi:

  1. Zat besi

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membentuk hemoglobin. Substansi ini bisa berasal dari produk hewani dan nabati. Beberapa sumber makanan yang kaya akan zat besi, antara lain daging merah, ayam, kerang, ikan, hati, bayam, kacang kedelai, kurma.

Pada beberapa kondisi, seseorang yang mengalami anemia memerlukan suplemen zat besi. Ini karena diet saja dikhawatirkan tidak dapat memenuhi target kadar hemoglobin yang harus dicapai. Konsumsi suplemen zat besi harus atas dasar indikasi yang jelas atau berdasarkan rekomendasi dari dokter.

  1. Asam folat

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang larut dalam air. Zat ini berfungsi membantu tubuh membentuk sel, termasuk sel darah merah. Kurangnya asam folat berhubungan erat dengan kejadian anemia megaloblastik, yang umumnya menimpa ibu hamil. Oleh karena itu, asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Selain mencegah anemia, zat ini juga mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi. Asam folat bisa didapatkan dari telur, buah-buahan, dan sayuran hijau.

  1. Vitamin B12

Sama halnya dengan asam folat, kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan anemia megaloblastik. Sumber makanan yang mengandung vitamin B12 adalah susu, daging, kerang, keju, yoghurt, ikan, dan hati.

  1. Vitamin C

Vitamin C tidak secara langsung mencegah anemia, tetapi membantu penyerapan zat besi agar lebih optimal sehingga bisa mencegah anemia. Sumber utama vitamin C adalah sayuran dan buah-buahan –seperti jeruk, anggur, brokoli, cabai, dan tomat.

Asupan di atas sangat mudah ditemukan, bukan? Jadi, jika Anda ingin mencegah atau bahkan mengobati anemia, konsumsilah makanan yang mengandung zat gizi di atas secara rutin dan teratur, ya!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar