Sukses

Atasi Anemia dengan Makan Sayuran Ini

Mengonsumsi sayuran dapat membantu mengatasi anemia jenis tertentu. Namun, sayuran apa yang harus dikonsumsi?

Anemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah (eritrosit) atau hemoglobin. Konon, mengonsumsi sayuran dapat membantu mengatasi anemia jenis terntentu. Namun jenis sayuran apa yang bisa membantu?

Pengobatan anemia tergantung dari jenis, sebab, dan tingkat keparahannya. Pengobatannya bisa terdiri dari diet kaya zat besi, pemberian suplemen, obat-obatan, atau transfusi darah.

Tujuan utama pengobatan anemia adalah meningkatkan jumlah oksigen yang dibawa darah. Hal ini tercapai bila kadar hemoglobin dan sel darah merah cukup. Untuk itu, tubuh membutuhkan asupan zat besi yang mencukupi.

Selain bisa didapatkan dari daging dan seafood, zat besi juga bisa didapatkan dari sayur-sayuran, seperti:

  • Jamur

Jamur memiliki kandungan zat besi tertinggi, yaitu 8,04 mg per mangkuk.

  • Bayam

Bayam mengandung 7,5 mg zat besi per mangkuk. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan vitamin A, E, C, B9, asam folat, kalsium, serat, dan beta karoten.

  • Kacang kedelai

Satu mangkuk kacang kedelai mengandung 4,5 mg zat besi. Selain itu, makanan ini juga mengandung vitamin A, B, C, kalsium, zink, dan asam folat.

  • Asparagus

Asparagus memiliki kandungan 2,87 mg zat besi. Tak hanya itu, sayuran ini juga kaya akan vitamin A dan asam folat.

Selain dapat membantu mengatasi anemia defisiensi besi, sebagian besar sayuran di atas juga dapat membantu mengatasi anemia megaloblastik karena mengandung asam folat. Untuk itu, Anda sebaiknya mengonsumsi sayur di atas paling tidak satu porsi setiap hari.

Namun perlu diingat, tidak semua jenis anemia dapat diatasi hanya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Jenis anemia tertentu membutuhkan juga bantuan dari suplemen dan obat. Maka dari itu, jika Anda menderita Anemia sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang terbaik.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar