HomeInfo SehatOtot dan SendiNyeri Punggung Menjalar Hingga Kaki, Ada Apa?
Otot dan Sendi

Nyeri Punggung Menjalar Hingga Kaki, Ada Apa?

dr. Muhammad Anwar Irzan, 07 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Nyeri punggung saja sudah sangat menjengkelkan, apalagi jika menjalar hingga kaki. Bagaimana ini bisa terjadi? Simak ulasan berikut.

Nyeri Punggung Menjalar Hingga Kaki, Ada Apa?

Nyeri punggung merupakan keluhan umum yang dapat dialami semua orang. Biasanya diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari ataupun kebiasaan-kebiasaan tertentu. Ada kalanya keluhan nyeri punggung menjalar hingga kaki, sehingga sangat mengganggu kegiatan. Mengapa nyeri punggung bisa menjalar hingga kaki?

Dalam dunia kedokteran, keluhan nyeri terkait dengan respons saraf. Saraf yang bertanggung jawab pada kondisi nyeri punggung menjalar ini adalah saraf skiatik. Sementara itu, nyerinya disebut sebagai nyeri skiatik.  

Saraf skiatik adalah saraf yang paling besar dalam tubuh manusia dan berukuran sebesar jari orang dewasa. Saraf ini dimulai dari tulang belakang, berjalan ke punggung, serta mengarah ke sendi panggul, pantat hingga ke kaki.

Nyeri skiatik biasanya terasa berbeda dengan nyeri lainnya. Nyeri ini umumnya hanya memengaruhi satu sisi tubuh bagian bawah. Sering kali, rasa nyeri memanjang dari punggung hingga bagian belakang paha kemudian turun ke kaki. Intentitas dan frekuensi rasa sakit yang disebabkan oleh nyeri skiatik bervariasi; bisa ringan, sedang, berat, terjadi sesekali, atau bahkan konstan.

Nyeri skiatik dapat ditangani dengan pemberian obat anti-peradangan nonsteroid, seperti meloksikam ataupun natirum diklofenak. Pada beberapa kondisi, tindakan operasi mungkin diperlukan.

Jangan menyepelekan kesehatan punggung Anda. Hindari tekanan berlebihan yang terus-menerus pada punggung, agar tidak menimbulkan nyeri pada kemudian hari. Selain itu, beberapa jenis olahraga juga dapat mengurangi nyeri punggung, apalagi jika dilakukan secara teratur.

 

kesehatan punggungNyeri Otot & SendiSaraf BelakangNyeri Punggung

Konsultasi Dokter Terkait