HomeIbu Dan anakKehamilan5 Keluhan Ibu Hamil Saat Bekerja
Kehamilan

5 Keluhan Ibu Hamil Saat Bekerja

dr. Dyah Novita Anggraini, 14 Apr 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menjaga kehamilan sembari bekerja bukanlah hal yang mudah. Tapi jangan khawatir, Anda tetap dapat mengatasi hal-hal tersebut tanpa mengesampingkan pekerjaan.

5 Keluhan Ibu Hamil Saat Bekerja

Kehamilan tidak menghalangi seorang wanita untuk tetap bekerja. Namun, kadang keluhan yang muncul saat hamil dapat mengganggu aktivitas pekerjaan. Apalagi jika terjadinya saat Anda sedang berusaha menyelesaikan tugas-tugas yang menumpuk. Berikut ini berbagai keluhan yang dapat muncul pada ibu hamil saat bekerja:

1. Nyeri Pinggang

Atasi Nyeri Pinggang Saat Hamil dengan Cara Ini

Posisi duduk dalam jangka waktu lama selama di kantor bisa memicu keluhan sakit pinggang, terutama jika perangkat kerja tidak ergonomis serta posisi duduk selama bekerja tidak tepat. Usahakan untuk duduk dengan posisi yang tepat, sehingga Anda dapat bekerja dengan nyaman. Posisi duduk yang baik adalah duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakang. Paha menempel di kursi dan bokong harus menyentuh bagian belakang kursi.

2. Nyeri Ulu Hati

Rasa nyeri di perut bagian atas merupakan keluhan yang sering terjadi pada sebagian besar wanita hamil yang bekerja dan bisa jadi merupakan gangguan ulu hati. Biasanya terjadi karena telat makan siang atau beban pekerjaannya sedang meningkat. Untuk mengurangi risiko nyeri ulu hati, makanlah dalam porsi kecil tapi sering.

Artikel lainnya: Tips Sehat Menjalani Trimester Pertama Kehamilan

3. Sakit Kepala

sakit kepala berat

Gejala sakit kepala bisa disebabkan oleh perubahan hormon atau pengaruh paparan layar komputer selama bekerja. Jika sakit kepala sudah tidak dapat diatasi, segeralah berbaring untuk istirahat.

4. Kaki Bengkak

Pembengkakan kaki saat hamil terjadi akibat penumpukan cairan di dalam tubuh, serta adanya tekanan pada pembuluh darah bagian bawah sehingga peredaran darah di daerah kaki menjadi melambat. Untuk mencegah kaki bengkak, hindari menyilangkan kaki saat duduk, dan usahakan untuk berjalan sambil meregangkan kaki setiap 30-45 menit.

5. Mual

Mual Muntah saat Kehamilan Trimester 3, Apa yang Salah? (Africa Studio/Shutterstock)

Keluhan mual dapat terjadi pada awal trimester pertama. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dan rasa sensitivitas yang berlebih terhadap aroma kuat di sekitar. Anda dapat mengatasi rasa mual dengan membawa camilan sehat ke kantor, serta makan dalam porsi kecil tapi sering. 

[RS]

bekerjaKehamilanInfo Perkembangan Kandungan

Konsultasi Dokter Terkait