HomeInfo SehatKankerKenali Ciri-Ciri Tumor Otak
Kanker

Kenali Ciri-Ciri Tumor Otak

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 03 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tumor otak semakin umum ditemui. Apa saja ciri-cirinya yang perlu diwaspadai?

Kenali Ciri-Ciri Tumor Otak

Tumor adalah pertumbuhan jaringan yang tidak normal dan sulit dikontrol oleh tubuh manusia. Tumor yang membesar di otak akan mendesak jaringan di sekitarnya. Pendesakan inilah yang akan menyebabkan berbagai gejala yang dirasakan oleh penderita tumor otak. Apa saja gejala tumor otak?

1. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan gejala yang umum dikeluhkan oleh penderita tumor otak. Sakit kepala terjadi akibat pertumbuhan jaringan otak yang terus-menerus dan mendesak jaringan di sekitarnya. Desakan ini akan menekan jaringan yang sensitif dan kaya reseptor nyeri, seperti lapisan selaput otak. Intensitas sakit kepala dapat semakin meningkat seiring dengan pembesaran tumor.

2. Kejang

Pertumbuhan jaringan otak dapat mendesak jaringan di sekitarnya dan menyebabkan berbagai gejala, salah satunya adalah kejang. Kejang terjadi karena keberadaan tumor di tengah jaringan normal otak, membuat metabolisme otak terganggu dan mencetuskan aliran elektrik yang abnormal.

3. Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan merupakan salah satu gejala tumor otak, khususnya tumor otak yang menekan saraf penglihatan. Mengapa bisa? Otak diibaratkan sebagai ‘mesin’ pengatur tubuh manusia, karena itu kerusakan pada otak dapat menyebabkan berbagai gangguan fungsi organ. Gejala-gejala lain yang dapat dikeluhkan oleh penderita tumor otak adalah gangguan pendengaran, gangguan koordinasi tubuh, dan gangguan bicara.

4. Mual dan muntah

Penderita tumor otak juga dapat mengeluhkan mual dan muntah. Hal ini terjadi karena pusat mual terletak pada medulla oblongata, yang dapat tertekan oleh adanya tumor otak.

Jika Anda mengalami satu-dua gejala yang disebutkan di atas, jangan cemas dahulu. Berbagai gejala tersebut tidak spesifik dan memerlukan konfirmasi dokter melalui pemeriksaan secara langsung. Yang penting, konsultasikan dengan ahlinya mengenai keluhan apa pun yang dirasakan. Ingatlah bahwa semakin dini tumor otak terdeteksi, maka kemungkinan keselamatan penderita menjadi lebih besar!

Ciri Ciri Tumor OtakTumor otakSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait