Kulit

Junk Food Bisa Timbulkan Jerawat?

dr. Nadia Octavia, 28 Sep 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Salah satu makanan yang dianggap sebagai penyebab jerawat adalah junk food. Memang ada hubungannya? Baca selengkapnya di sini.

Junk Food Bisa Timbulkan Jerawat?

“Jangan makan kacang, nanti jerawatan.” “Hindari cokelat jika tak ingin muncul jerawat.” “Kurangi minum susu kalau tak mau jerawat timbul.” Wah, banyak sekali, ya, pantangan makanan saat sedang jerawatan!

Salah satu makanan yang dianggap sebagai ‘biang keladi’ timbulnya jerawat adalah junk food. Ya, junk food seperti piza, hamburger, kentang goreng, dan masih banyak lagi. Padahal, makanan-makanan tersebut enak dan membuat Anda ketagihan makan lagi dan lagi. Sebetulnya, benar atau tidak sih Anda harus menghindari makanan-makanan tersebut jika tak ingin jerawatan?

Hingga saat ini, para ahli masih mencari bukti mengenai hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan timbulnya jerawat. Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana (makanan olahan, roti, pasta, kentang, minuman manis) dapat memicu timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan karena ketika mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat, tubuh akan meningkatkan kadar insulin (sekaligus membutuhkan insulin yang lebih banyak), sehingga otomatis meningkatkan produksi kelenjar minyak di kulit dan mengakibatkan penyumbatan pori-pori.

Bagaimana dengan makanan berminyak? Faktanya, mengonsumsi makanan yang berminyak tidak secara langsung dapat menyebabkan jerawat. Namun, jika pekerjaan sehari-hari Anda mengharuskan Anda bekerja dengan makanan-makanan berminyak tersebut (piza, hamburger, kentang goreng), dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Hal ini bisa terjadi karena partikel minyak yang beterbangan di udara dapat menyumbat pori-pori di kulit dan terjadilah jerawat. Apabila pekerjaan sehari-hari Anda adalah memasak, rajin-rajinlah membersihkan wajah agar jerawat tak berani muncul.

Produk olahan susu juga belum terbukti kuat dapat menimbulkan jerawat. Namun, diduga terdapat hubungan antara growth factor dan hormon yang secara alami terdapat di dalam susu dengan munculnya jerawat.

Kesimpulannya, faktor makanan dan jerawat sangat individual. Jika teman Anda makan kacang kemudian muncul jerawat, belum tentu Anda akan mengalami hal yang sama. 

 

makananJunk FoodYou Are What You EatJerawat

Konsultasi Dokter Terkait