Kulit

Kulit Berminyak Lebih Awet Muda, Benarkah?

dr. Nadia Octavia, 28 Sep 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa kulit yang berminyak tak perlu pelembap, bahkan lebih terlihat awet muda. Yuk, baca fakta sebenarnya di sini.

Kulit Berminyak Lebih Awet Muda, Benarkah?

Setiap orang menginginkan kulit yang terlihat awet muda, kalau bisa selamanya. Tapi sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan produksi kolagen dan elastin. Akibatnya apalagi kalau bukan kerutan? Tak hanya itu, kulit pun akan menjadi lebih tipis, lebih kering, dan lebih rapuh. Lemak yang terdapat di bawah kulit pipi, dagu, dan bagian wajah lainnya juga berkurang, sehingga kulit akan semakin kendur.

Ditambah lagi jika Anda sering stres, terkena paparan sinar matahari, dan radikal bebas. Semua hal ini dapat membuat kulit semakin terlihat tak ‘bersahabat’.

Berbagai cara pun ditempuh untuk membuat kulit tampak awet muda. Mulai dari penggunaan berbagai produk perawatan kulit hingga tindakan invasif seperti operasi. Penggunaan pelembap juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kerutan. Lalu, benarkah kulit berminyak tidak memerlukan pelembap, bahkan terlihat lebih awet muda?

Anda pasti berpikir bahwa semakin berminyak kulit, maka kulit semakin terhidrasi dan terhindar dari kerutan. Padahal, berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Clinical Anatomy, menyebutkan bahwa kandungan minyak di kulit tidak ada hubungannya dengan kerutan yang muncul pada wajah. Kerutan akan tetap terjadi apa pun jenis kulit Anda.

Meskipun kulit Anda berminyak, penggunaan pelembap juga tetap penting. Apalagi, seiring dengan bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kemampuan menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, diperlukan antioksidan dari luar untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas, memperbaiki kerusakan kulit, dan menjaga kelembapan kulit. Anda bisa memilih pelembap yang bebas minyak dan hipoalergenik.

Untuk menjaga kulit tetap awet muda, ada banyak hal yang bisa diterapkan selain dengan perawatan kulit. Yakni dengan berolahraga teratur, mencukupi istirahat, menghindari rokok, menjauhi stres, dan menjaga pola makan. Jadi, kecantikan Anda pun tidak hanya terpancar dari luar melainkan juga dari dalam!

 

Kulit BerminyakPerawatan KulitInner beautyAwet Muda

Konsultasi Dokter Terkait