Darah

Anda Vegetarian? Hati-Hati Anemia!

dr. Dina Kusumawardhani, 22 Sep 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda bahwa menjadi vegetarian dapat meningkatkan risiko terserang anemia? Cari tahu selengkapnya di sini.

Anda Vegetarian? Hati-Hati Anemia!

Secara umum, vegetarian merupakan seseorang yang tidak mengonsumsi daging, ikan atau hewan lainnya. Banyak alasan mengapa seseorang menjadi vegetarian, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan.

Gaya hidup vegetarian memang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan hiperkolesterol. Namun, apakah gaya hidup vegetarian benar-benar sehat sepenuhnya?

Risiko menjadi vegetarian yang benar-benar tidak mengonsumsi produk hewani ternyata dapat menyebabkan anemia. Anemia yang sering terjadi akibat hal ini adalah anemia kekurangan zat besi. Pasalnya, zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk ‘menangkap’ oksigen guna menjaga keseimbangan metabolisme di dalam tubuh.

Zat besi memang banyak ditemukan pada daging, khususnya daging sapi dan ayam. Jika melakukan gaya hidup vegetarian yang benar-benar menghindari asupan hewani sama sekali, maka risiko kekurangan asupan zat besi sangat sulit dihindari. Pada fase awal memulai gaya hidup vegetarian tanpa mengonsumsi produk hewani sama sekali memang tidak mengalami gejala apa pun yang berhubungan dengan anemia. Namun secara perlahan-lahan, saat konsumsi zat besi mulai menurun, barulah mulai timbul beberapa gejala yang berhubungan dengan anemia.

Gejala yang ditimbulkan sama seperti anemia pada umumnya –yakni lemas, sakit kepala, dan kulit menjadi pucat. Jika Anda vegetarian dan mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera diatasi agar tidak menyebabkan dampak yang lebih serius -misalnya mengganggu metabolisme oksigen dalam darah, di mana dapat menyebabkan gangguan pada jantung dan paru.

Untuk menghindari risiko anemia saat menerapkan gaya hidup vegetarian, diperlukan trik khusus agar kebutuhan zat besi dan nutrisi tetap terpenuhi secara seimbang. Salah satu trik yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau, biji bijian –seperti kacang merah, kismis, soyabean, tempe, tahu, bayam. Di samping itu, Anda juga harus tetap mengonsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin C dan vitamin B guna membantu penyerapan dari zat besi.

Cara lain yang juga efektif adalah dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi. Namun pastikan suplemen tersebut sesuai dan aman untuk dikonsumsi. Jika Anda takut terserang anemia akibat menerapkan gaya hidup vegetarian, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.

(NB)

 

Penyebab AnemiaGejala AnemiaVegetarianAnemia