Kesehatan Bayi

Aneka Bubur Buah untuk Bayi

dr. Dyan Mega Inderawati, 22 Sep 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Buah-buahan termasuk dalam MPASI yang kaya gizi. Penting untuk mengetahui bagaimana memilih jenis buah yang tepat serta cara menyajikannya.

Aneka Bubur Buah untuk Bayi

Buah-buahan yang kaya akan serat, vitamin, serta mineral memang sangat baik diberikan pada bayi –terutama saat ia sudah mendapatkan MPASI. Selain warnanya yang menarik, buah umumnya disukai bayi karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk dapat berkreasi dalam mengolah resep bubur buah.

Buah apa saja yang boleh diberikan ke bayi? Di awal bayi memulai MPASI, berikan buah yang rasanya manis dan aromanya tidak tajam. Contoh buah yang baik diberikan untuk bayi antara lain pisang, alpukat, pepaya, jeruk baby, dan apel.

Berikut adalah berbagai contoh resep bubur buah berdasarkan usia bayi:

1. Usia 6 bulan

Pure Alpukat

Bahan :

  • Satu buah alpukat mentega matang
  • ASI atau pengganti ASI

Cara pembuatan :

Hancurkan alpukat hingga lembut (boleh dengan garpu, saringan kawat, atau blender). Campurkan ASI sesaat sebelum diberikan pada bayi.

Kandungan gizi :

Selain vitamin A, B, C, E, serta antioksidan, alpukat juga mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan otak bayi. Kandungan lemak baiknya juga bermanfaat untuk pencernaan.

Di awal MPASI, sebaiknya beri bayi sajian hidangan dengan rasa tunggal. Pemberian rasa tunggal ini dimaksudkan agar bayi belajar mengenali rasa, juga ditujukan untuk mengetahui ada tidaknya reaksi alergi pada bayi. Setelah pemberian selama tiga hari berturut-turut dan tidak ada reaksi alergi, MPASI baru boleh dilanjutkan dengan mengenalkan rasa berbeda lainnya.

2. 7-8 Bulan

Pure Pisang Jeruk

Bahan :

  • Satu buah pisang ambon matang
  • Perasan jeruk baby
  • ASI

Cara membuat :

Lumatkan pisang dengan garpu atau saringan kawat. Setelah lembut, campur dengan perasan jeruk baby. Sesaat sebelum diberikan ke bayi, campurkan pure ini dengan ASI atau pendamping ASI.

Kandungan gizi :

Pisang mengandung protein, vitamin C, magnesium, kalium, folat, riboflavin dan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan bayi. Sedangkan jeruk kaya kalsium, fosfor dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh bayi.

3. 9-12 bulan

Havermut Saus Apel

Bahan :

  • 2 sendok makan havermut
  • Potongan buah apel, pilih yang manis
  • Kayu manis

Cara membuat :

  • Masak havermut dengan air di atas api, aduk perlahan hingga matang, lalu proses dengan blender.
  • Rebus potongan apel dengan menambahkan satu ruas kayu manis hingga apel lunak, lalu proses blender.
  • Tunggu hingga kedua bahan bersuhu ruangan, lalu tuang saus di atas pure havermut.

Havermut saus apel ini juga bisa dihidangkan dalam keadaan dingin setelah dimasukkan ke lemari es.

Kandungan gizi :

Havermut mengandung tinggi serat yang sangat baik untuk pencernaan bayi. Sedangkan apel kaya akan berbagai vitamin seperti A, C, B serta antioksidan yang melindungi bayi dari berbagai penyakit.

Perlu diingat bahwa setiap bayi memiliki preferensi dan kegemarannya masing-masing, jadi tidak perlu memaksakan satu jenis buah atau bubur buah yang tidak disukai. Pada dasarnya, setiap buah memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk buah hati Anda. Selamat berkreasi dan mencoba!

[RS/RH]

buahBayiSerba-Serbi Makanan BalitaResep BuburResep Bubur Bayi

Konsultasi Dokter Terkait