HomeIbu Dan anakKesehatan BayiPerhatikan Jumlah dan Komposisi MPASI Bayi Anda
Kesehatan Bayi

Perhatikan Jumlah dan Komposisi MPASI Bayi Anda

dr. Ratih Puspita Sp.A, 05 Sep 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Salah satu syarat pemberian MPASI adalah ‘memadai’. Artinya, MPASI harus mengandung cukup energi, protein dan mikronutrien yang dibutuhkan oleh bayi. Pertanyaannya: Berapa jumlah yang ‘memadai’ itu?

Perhatikan Jumlah dan Komposisi MPASI Bayi Anda

Sejak lahir, ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Akan tetapi mulai usia 6 bulan, pemberian ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Pada usia 6 bulan, ASI hanya mampu memenuhi  80% kebutuhan kalori bayi; selanjutnya pada usia 8-10 bulan ASI hanya memenuhi 50% kebutuhan kalori bayi; dan pada usia 12 bulan ASI hanya mencakup 20-35% kebutuhan kalori bayi.

Oleh sebab itu, pada usia 6 bulan bayi perlu mendapatkan Makanan Pendamping ASI  atau yang biasa dikenal dengan sebutan MPASI. Berdasarkan World Health Organization (WHO), MPASI didefinisikan sebagai makanan atau minuman selain ASI yang mengandung nutrien yang diberikan kepada bayi selama periode pemberian makanan peralihan, yaitu pada saat makanan atau minuman lain diberikan bersama dengan pemberian ASI.

Salah satu syarat pemberian MPASI adalah ‘memadai’. Artinya, MPASI harus mengandung cukup energi, protein dan mikronutrien yang dibutuhkan oleh bayi. Tapi berapa jumlah yang ‘memadai’? Karena usia 6 bulan merupakan saat pertama kali bayi mendapat makanan selain ASI, maka pemberian MPASI harus dilakukan secara bertahap –baik dari segi frekuensi, jumlah, maupun konsistensinya. Untuk jumlah, MPASI dapat dimulai dengan 1-2 sendok teh pada saat pengenalan jenis makanan, kemudian ditingkatkan perlahan sesuai kemampuan bayi.

Berikut adalah contoh pemberian MPASI secara bertahap sesuai usia bayi:

Usia

6-7 bulan

7-9 bulan

9-12 bulan

Konsistensi

Lembut, semi padat

Makanan lembut, beberapa jenis camilan

Camilan, makanan keluarga

Kuantitas

1-2 sdm, bertahap ditingkatkan jumlahnya

Setengah mangkuk

1 mangkuk

Frekuensi

1-2  kali per hari

2-3 kali per hari

3-4  kali per hari

Contoh jenis makanan

Bubur susu, umbi-umbian, buah

Bubur nasi lembek, daging ayam, hati, sayur, buah

Nasi tim, daging, sayuran, buah

Selain dari segi jumlah, komposisi MPASI juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Secara umum MPASI harus mengandung makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (vitamin, mineral) dengan jumlah yang proporsional, yang dikenal dengan istilah “gizi seimbang”.

Hal ini bisa dipenuhi dengan memberikan MPASI dengan jenis dan komposisi yang bervariasi, sehingga bayi mendapatkan semua gizi yang ia butuhkan. Selain dari bahan makanan rumahan, dalam keterbatasan waktu Anda juga tetap bisa memberikan makanan sehat yang praktis namun berkualitas. Contohnya, seperti makanan khusus bayi yang telah difortifikasi (dilengkapi) dengan berbagai kandungan gizi.

(RS/RH)

MPASIBayiGizi BalitaSerba-Serbi Makanan BalitaKomposisi MPASI

Konsultasi Dokter Terkait