Kesehatan Bayi

Cara Menyiapkan MPASI Saat Bepergian

dr. Dyan Mega Inderawati, 05 Sep 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berlibur bersama anak yang masih bayi seringkali membuat para ibu bingung. Salah satu hal yang membuat bingung adalah bagaimana menjaga agar MPASI tetap aman.

Cara Menyiapkan MPASI Saat Bepergian

Banyak persiapan yang harus dilakukan saat bepergian dengan anak, termasuk persiapan menu makanan untuk anak. Makanan yang dibutuhkan pun tak hanya selama di perjalanan, namun juga saat berkunjung di tempat tujuan.

Beberapa keluarga memilih menu makanan instan pabrikan siap saji demi kepraktisan. Tapi jika Anda lebih menyukai Makanan Pendamping ASI (MPASI) rumahan sebagai bekal anak, persiapannya tak terlalu sulit.

Ketika harus menyiapkan perbekalan MPASI, banyak orangtua yang telanjur berpikir skeptis akan kerepotan yang menyertainya. Sedikit saran dari kami, saat bepergian anak tidak harus makan berat seperti nasi. Potongan buah, sayur, atau biskuit susu juga bisa mengenyangkan anak dan memberikan gizi yang cukup untuknya di samping ASI.

Beberapa kiat di bawah ini juga dapat memudahkan Anda dalam melakukan persiapan:

  1. Rancang menu yang disukai anak

Perjalanan ke lingkungan baru merupakan aktivitas yang membuat anak harus banyak beradaptasi. Jangan tambah bebannya dengan memperkenalkan makanan baru. Sebaliknya, persiapkan perbekalan dengan menu kesukaan anak.

  1. Simpan MPASI dalam wadah kedap udara

Siapkan bahan-bahan baku yang segar dan telah dicuci bersih. Olah sesuai selera. Sesudah matang, simpan bekal MPASI dalam wadah yang tertutup rapat untuk mencegah kontaminasi selama penyimpanan. Bila jarak tempuh cukup jauh, simpan dalam kotak pendingin yang telah diisi dengan ice pack yang cukup banyak. Sesaat sebelum dihidangkan, keluarkan MPASI pada suhu ruangan. Kemudian beri alas wadah berisi air hangat. Tujuannya adalah untuk menjaga kandungan nutrisinya.

  1. Bekukan MPASI

Selain untuk bekal perjalanan, MPASI juga bisa dibawa sebagai bekal di tempat tujuan. Untuk menyiapkannya, setelah makanan matang, dinginkan MPASI hingga uap panasnya habis. Lalu segera bekukan dalam lemari es. Bila dalam perjalanan MPASI mencair, jangan buru-buru membuangnya. Selama masih ada bagian yang berbentuk es dan warna serta aroma tidak berubah, maka MPASI ini masih bisa dibekukan kembali. Tapi jauh lebih baik jika segera dikonsumsi.

  1. Simpan peralatan makan di tempat terjangkau

Simpan peralatan makan, tisu basah, dan kantong plastik kecil di tempat yang mudah dijangkau

  1. Jangan berikan makanan saat kendaraan berjalan

Memberikan makanan saat kendaraan berjalan dapat memicu mabuk darat pada anak. Sebaiknya, lakukan saat mobil sedang menepi atau saat kemacetan panjang. Bila Anda memilih melakukan perjalanan udara, Anda berikan makanan kecil seperti biskuit, buah, atau sayur yang telah dikukus. Hindari memberikan makanan yang membuatnya terlalu kenyang, sehingga mudah memicu rasa mual dan mabuk udara.

Semoga perjalanan Anda sekeluarga menyenangkan!

(RS/RH)

makanan pendamping ASIMPASIGizi Balitabepergian

Konsultasi Dokter Terkait