Kesehatan Anak

Vaksin Flu untuk Anak: Manfaat, Jadwal, Hingga Efek Samping

Nimas Mita Etika, 19 Feb 2024

Ditinjau Oleh dr. Reza Fahlevi, Sp.A

Ada banyak manfaat vaksin flu untuk anak. Tentu untuk melindungi si kecil dari virus influenza, lalu apa lagi?

Vaksin Flu untuk Anak: Manfaat, Jadwal, Hingga Efek Samping

Dengan vaksinasi, kekebalan tubuh anak pun akan meningkat sehingga ia selalu sehat dan aktif. Salah satu jenis vaksin yang penting untuk anak adalah vaksin influenza.

Vaksinasi merupakan salah satu aspek penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Vaksin berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap suatu kuman penyakit.

Dengan pemberian vaksin, kekebalan tubuh anak akan mampu melawan jenis kuman tertentu penyebab penyakit. Salah satu jenis vaksin yang penting untuk anak adalah vaksin influenza.

Manfaat Vaksin Influenza untuk Anak

Vaksin influenza memberikan perlindungan yang efektif terhadap infeksi virus influenza dan membantu tubuh anak untuk mengembangkan kekebalan terhadap serangan virus yang dapat menyebabkan influenza.

Beberapa manfaat dari vaksin influenza untuk anak meliputi:

  • Mencegah Komplikasi Serius: Vaksin influenza dapat mencegah timbulnya komplikasi serius seperti pneumonia dan penyakit kronis lainnya yang dapat mengancam nyawa anak.
  • Mengurangi Risiko Penyebaran Virus: Dengan memberikan vaksin kepada anak, kita tidak hanya melindungi kesehatannya tetapi juga membantu mencegah penyebaran virus influenza di masyarakat.
  • Mempercepat Proses Penyembuhan: Jika anak tetap terinfeksi influenza, vaksin dapat mengurangi tingkat keparahan gejala dan mempercepat proses penyembuhan.

Selain manfaat vaksin flu, berikut beberapa alasan anak-anak harus mendapatkan vaksin rutin ini.

1. Rentan Terhadap Infeksi

Anak-anak, terutama yang berusia di bawah 5 tahun, termasuk dalam kelompok yang rentan terhadap infeksi influenza.

Sistem kekebalan tubuh mereka masih dalam tahap perkembangan, sehingga memberikan vaksin merupakan langkah terbaik untuk meningkatkan pertahanan tubuh.

2. Proteksi untuk Keluarga

Vaksin influenza bukan hanya melindungi anak, tetapi juga memberikan perlindungan untuk keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Dengan mencegah penyebaran virus, kita dapat menjaga kesehatan seluruh lingkungan tempat anak berinteraksi.

Bagaimana Cara Kerja Vaksin Influenza?

Vaksin influenza berisi virus influenza yang dilemahkan. Virus influenza yang disuntikkan ke dalam tubuh akan merangsang tubuh untuk melakukan perlawanan dan mengeluarkan zat antibodi khusus untuk melawan infeksi virus influenza.

Antibodi khusus ini kemudian tersimpan sehingga jika nanti seseorang terinfeksi dengan virus influenza kembali, antibodi ini akan bekerja untuk melawan virus influenza sehingga tidak menyebabkan komplikasi atau kematian.

Jadwal dan Dosis Vaksin Flu untuk Anak

Di Indonesia, vaksin flu tidak termasuk dalam vaksin pokok. Namun demikian, vaksin flu sangat dianjurkan pada anak usia lebih dari 6 bulan dan pada orang dewasa yang berisiko tinggi.

Vaksin flu diberikan melalui suntikan pada otot paha pada bayi atau pada otot lengan atas pada anak dan dewasa.

Pada anak yang mendapat vaksin flu pertama kali di bawah usia 9 tahun, diperlukan dosis ulangan dengan jarak 4 minggu dari vaksin flu yang pertama. Kemudian, vaksin flu diulang satu kali setiap tahunnya.

Aturan Pemberian Vaksin Flu untuk Anak

Vaksin flu tidak boleh diberikan pada anak yang pernah mengalami reaksi alergi terhadap pemberian vaksin influenza sebelumnya.

Vaksin ini juga tidak boleh diberikan pada anak yang sedang menderita penyakit demam akut yang berat atau anak yang pernah menderita sindrom Guillain-Barré (penyakit yang menyebabkan kelumpuhan anggota gerak).

Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kerugiannya, lakukanlah vaksin flu kepada anak secara rutin.

Dengan demikian, orangtua dapat membantu anak agar tidak terserang penyakit influenza secara berulang-ulang.

Efek Samping Vaksin Flu pada Anak

Walaupun vaksin influenza dianggap aman, beberapa efek samping ringan dapat muncul setelah pemberian vaksin. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi meliputi:

  • Nyeri, bengkak, atau kemerahan di tempat suntikan.
  • Pilek atau gejala mirip flu ringan.
  • Muntah, nyeri perut, atau nyeri otot.
  • Demam.

Gejala ini biasanya bersifat sementara dan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Efek samping yang serius sangat jarang terjadi.

Nah, dilihat dari manfaatnya vaksin flu sangat baik dan dianjurkan untuk anak bahkan dari usia 6 bulan.

Bila mempertimbangkan efek sampingnya pun tidak ada dampak serius yang muncul setelah vaksin flu.

Kamu bisa membawa si kecil untuk melakukan vaksin flu di fasilitas kesehatan terdekat dengan booking layanan di KlikDokter.

Salah satu opsi vaksin influenza quadrivalent (mengandung 4 jenis strain) yang dapat ditemui di Indonesia adalah Vaxigrip Tetra, produk dari Kalventis.

Vaksin ini dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap keempat jenis strain virus influenza yang aktif beredar di Indonesia.

Sebaiknya komunikasikan pada petugas kesehatan bahwa Kamu ingin memberikan si kecil vaksin quadrivalent, seperti Vaxigrip Tetra, daripada yang trivalen, supaya mendapatkan perlindungan penuh dari semua virus influenza.

Jika ada yang ingin ditanyakan, Kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter atau buat janji dengan Dokter di aplikasi KlikDokter.

Jangan lupa untuk #JagaSehatmu selalu dengan rutin cek kesehatan Kamu dan keluarga. Pesan layanan pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan secara online.

Jika ingin membeli obat dan suplemen, Kamu bisa beli dengan mudah dan cepat di KALStore. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

VaksinasiFluAnakNutrisi Untuk BalitaImunisasi

Konsultasi Dokter Terkait