HomeInfo SehatKulitKiat Memilih Serum Kulit yang Tepat
Kulit

Kiat Memilih Serum Kulit yang Tepat

dr. Nadia Octavia, 25 Agu 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sebelum memilih jenis serum kulit yang tepat, sebaiknya simak dahulu kiat dari dr. Nadia Octavia berikut ini.

Kiat Memilih Serum Kulit yang Tepat

Di pasaran kini banyak beredar serum untuk kulit. Mulai dari yang hanya mencerahkan, hingga yang bermanfaat sebagai antiaging. Bingung memilihnya? Simak penjelasan di bawah ini.

Mengapa perlu menggunakan serum?

Serum berbeda dengan pelembap. Serum biasanya bersifat cair, tidak kental, dan tidak mengandung SPF. Sedangkan pelembap umumnya lebih kental dan terkadang mengandung SPF. Pada beberapa produk yang memiliki kandungan tertentu, pengaplikasian serum secara rutin dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Apakah serum hanya untuk orang yang sudah tua saja?

Banyak  yang berpendapat bahwa serum -khususnya serum antiaging, hanya diperlukan orang tua saja. Padahal serum antiaging sebaiknya digunakan sebelum tanda-tanda penuaan muncul. Ini karena hasil penggunaan serum tidak bisa dirasakan secara instan. Penggunaan lebih dini akan membawa hasil yang lebih baik.

Bagaimana memilih dan menggunakan serum yang tepat?

  • Gunakan di pagi dan malam hari

Di pagi hari, gunakan serum sebelum Anda menggunakan tabir surya. Tujuannya untuk memperbaiki sel-sel dan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan. Di malam hari, gunakan sebelum mengaplikasikan krim malam atau pelembap.

  • Pilihlah serum berdasarkan kebutuhan dan jenis kulit Anda.

Jika Anda memiliki kulit yang berminyak atau kombinasi, pilihlah serum yang ringan dan cair. Sementara jika kulit Anda kering, pilih serum yang agak kental.

  • Untuk menjaga kelembapan kulit, pilih serum yang mengandung asam hyaluronat. Asam hyaluronat berperan menjaga kelembapan kulit dengan menahan air di dalam lapisan kulit.
  • Ingin mencerahkan kulit? Pilihlah serum yagn mengandung vitamin C. Kulit yang kusam dapat terjadi karena paparan sinar matahari, kurang tidur, merokok dan faktor genetik. Vitamin C berfungsi mencerahkan kulit dan berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Selain itu, serum yang mengandung arbutin atau licorice juga dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit.
  • Serum dengan kandungan retinol dapat mencegah penuaan dini. Retinol dapat berfungsi mencegah kerutan halus pada wajah dan mempercepat regenerasi kulit. Selain itu, serum yang mengandung kolagen juga dapat Anda gunakan untuk mengencangkan kulit.

Jika masih ragu, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit.

(NB/RH)

kulitSerumCantik Sehat

Konsultasi Dokter Terkait