Sukses

Menkes Luncurkan Gerakan Indonesia Lawan Diabetes

Ibu dari segala jenis penyakit. Rasanya julukan itu tepat disematkan pada diabetes. Angka kejadian penyakit ini pun semakin memprihatinkan dari tahun ke tahun.

Penderita diabetes di Indonesia semakin meningkat. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 dan 2013 menunjukkan adanya peningkatan angka kejadian diabetes dari 5,7% menjadi 6,9% atau sekitar 9,1 juta jiwa. Bahkan diabetes saat ini sudah menjadi penyakit pembunuh nomor tiga di Indonesia, melebihi penyakit menular seperti tuberkulosis, malaria dan diare.

“Diabetes yang tidak tertangani dengan baik bisa menyebabkan banyak komplikasi. Mulai dari penyakit pada mata, gigi, bahkan ginjal,” kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek dalam konferensi pers “Indonesia Lawan Diabetes” di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Sabtu (13/08/2016).

Menurut Nila, diperlukan adanya kesadaran dalam menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur untuk mencegah terjadinya diabetes. Lebih baik lagi jika pola hidup sehat ini dilakukan sejak dini, karena diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Gerakan “Indonesia Lawan Diabetes” merupakan program kemitraan antara PT Kalbe Farma Tbk dan Kementerian Kesehatan. Gerakan ini memiliki beberapa kegiatan antara lain seminar edukasi bagi tenaga kesehatan dan masyarakat awam, sekaligus peluncuran aplikasi digital Diabetes Solution Center.

Selain itu, PT Kalbe Farma Tbk juga melansir www.indonesialawandiabetes.com untuk menampung 50.000 aksi #IndonesiaLawanDiabetes. Masyarakat dapat berpartisipasi dengan mengunggah foto aksi cek gula darah, aksi olahraga secara rutin atau aksi pola makan 3J (Jadwal, Jumlah dan Jenis).

“Harapannya, momentum ini bisa menjadi langkah awal dalam meminimalkan jumlah penderita diabetes di Indonesia,” kata Irawati Setiady, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk.

(RS/RH)

Baca juga:

  1. Makan Ini untuk Turunkan Risiko Terkena Diabetes
  2. 5 Gangguan Kulit Akibat Diabetes
  3. 5 Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari

0 Komentar

Belum ada komentar