Pencernaan

5 Kiat Agar Asam Lambung Tidak Naik

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 10 Agt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda sering merasakan nyeri ulu hati setelah makan? Waspada, bisa jadi Anda mengalami GERD.

5 Kiat Agar Asam Lambung Tidak Naik

Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) atau refluks asam lambung adalah sensasi nyeri atau rasa perih pada ulu hati akibat naiknya asam lambung ke tenggorokan. Jadi kalau Anda sering mengalami nyeri di ulu hati, kemungkinan itu karena gangguan GERD. Tapi jangan khawatir. Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengurangi keluhan tersebut:

  1. Jangan langsung tidur setelah makan

Beri jeda waktu setidaknya tiga jam setelah makan. Setelah makan produksi asam akan meningkat. Selain itu posisi tidur telentang juga akan mempermudah aliran asam lambung naik ke esofagus. Hal inilah yang menyebabkan sensasi nyeri ulu hati.

  1. Makanlah lebih sering, namun dalam porsi yang kecil

Jangan makan dalam porsi besar sampai perut terasa penuh. Lebih baik Anda makn lebih sering, namun dalam porsi yang lebih kecil. Ini akan membuat lambung terus terisi tanpa memicu terjadinya pembesaran secara berlebihan pada waktu yang sama.

  1. Hindari makanan ini

Makanan berlemak, cokelat, alkohol, dan kopi merupakan asupan yang dapat melonggarkan sfingter esofagus. Sfingter adalah katup yang membatasi esofagus dan lambung. Jika katup ini longgar, maka asam lambung dapat dengan mudah naik ke esofagus dan menyebabkan sensasi nyeri ulu hati.

  1. Stop merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang membawa dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah meningkatnya keluhan nyeri ulu hati pada penderita GERD. Nikotin –komponen dari rokok– dapat melemaskan sfingter esofagus dan menyebabkan naiknya asam lambung ke esofagus, yang pada akhirnya menyebabkan sensasi terbakar. Karena itu, penderita GERD yang merokok akan mengeluhkan gejala terbakar lebih sering.

  1. Posisikan kepala lebih tinggi saat tidur

Ketika tidur, posisikan kepala Anda sekitar 15 cm lebih tinggi dari bagian tubuh yang lain. Hal ini diyakini dapat memperlambat aliran naik asam lambung dengan bantuan gravitasi.

 

Masalah PencernaanAsam LambungGERD

Konsultasi Dokter Terkait