HomeInfo SehatOtot dan SendiManfaat Mentol dalam Mengurangi Nyeri Sendi
Otot dan Sendi

Manfaat Mentol dalam Mengurangi Nyeri Sendi

dr. Kartika Mayasari, 25 Jul 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mentol biasa terdapat pada beberapa produk pereda nyeri. Mengapa mentol dapat membantu mengurangi nyeri sendi? Temukan jawabannya di sini.

Manfaat Mentol dalam Mengurangi Nyeri Sendi

Terkadang aktivitas sehari-hari seperti menyetir, mengetik atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya akan membuat beberapa sendi Anda menjadi nyeri. Olahraga yang ada hentakannya serta pekerjaan Anda yang berhubungan dengan barang berat juga bisa membuat sendi nyeri setelah beberapa hari kemudian.

Untuk mengatasi nyeri sendi, terdapat beberapa produk yang dijual di pasaran yang dapat Anda gunakan. Umumnya mengandung nonsteroidal anti-inflamatory drugs (NSAIDs) atau yang biasa disebut obat antiradang. Dan ada bahan lain yang biasanya diikutkan di dalamnya, misalnya mentol.

Mentol biasa ditambahkan pada salep atau beberapa obat tablet minum untuk menghilangkan rasa pahit atau tidak nyaman saat mengunyah obat. Mentol memang mempunyai sensasi dingin saat Anda berikan pada kulit, atau pada mulut jika Anda mengonsumsi obat. Mentol yang terdapat pada salep bekerja dengan membuat kulit merasa dingin dan kemudian hangat. Hal tersebut akan mengalihkan perhatian Anda dari nyeri yang sedang dirasakan.

Apa itu mentol?

Mentol adalah senyawa organik yang ditemukan pada genus Mentha, yang lebih dikenal sebagai tanaman peppermint. Mentol banyak diekstrak dalam bentuk kristalisasi dari minyak tanaman peppermint liar di India, Asia Barat, Asia Tengah, Himalaya, Siberia dan Amerika Utara.

Mengapa mentol dapat membantu menghilangkan rasa nyeri?

Ketika menggunakan krim penghilang rasa nyeri yang mengandung mentol, mentol akan memberikan sensasi dingin yang dapat mengalihkan rasa nyeri. Mentol juga bersifat analgesik alami (pereda nyeri) bila digunakan dalam bentuk losion, gel, atau krim.

Fungsi lainnya adalah ketika Anda mengoleskannya pada otot-otot yang nyeri, ternyata dapat memicu vasodilatasi yakni melebarkan pembuluh darah di area nyeri meningkatkan aliran darah, serta mengurangi fungsi sawar kulit.

Adakah aturan-aturan tertentu dalam menggunakan produk pereda nyeri dengan kandungan mentol?

Beberapa produk tidak boleh digunakan pada anak-anak yang lebih muda dari 12 tahun tanpa saran dokter. Karena itu, periksalah label dengan hati-hati sebelum menggunakannya pada anak-anak berusia antara 2 dan 12 tahun. Jangan gunakan pada anak-anak yang lebih muda dari 2 tahun.

Penting juga diketahui, obat salep mentol adalah untuk digunakan pada kulit saja. Hindari mengoleskannya dekat mata, mulut, hidung, atau alat kelamin, dan berhati-hati untuk tidak menyentuh daerah tersebut sementara obat ada di tangan Anda. Jika mengenai daerah-daerah sensitif tersebut, segeralah siram dengan air. Selain itu, cucilah tangan Anda dengan baik sebelum memasukkan lensa kontak.

mentolNyeri Otot & SendiNyeri Sendi

Konsultasi Dokter Terkait