Sukses

Olahraga yang Tepat untuk Atasi Nyeri Punggung

Salah satu nyeri yang sering diderita kebanyakan orang adalah nyeri punggung. Selain dengan obat-obatan atau pijat, olahraga ternyata juga bisa menangani nyeri pada punggung.

Banyak orang yang berpikir bahwa saat Anda sedang merasakan sakit atau nyeri pada punggung, tidak ada hal lain yang bisa Anda lakukan kecuali tidur, berbaring, dan diam menahan sakit. Padahal, ada beberapa olahraga ataupun kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi nyeri punggung.

Olahraga untuk nyeri punggung bawah berguna untuk memperkuat punggung, perut, dan otot-otot kaki. Olahraga juga akan membantu menopang tulang belakang dan menghilangkan nyeri punggung. Tapi, sebelum menentukan olahraga apa yang cocok untuk Anda, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk menemukan olahraga yang cocok untuk Anda.

Melakukan olahraga secara rutin sangatlah baik bagi punggung. Apalagi, hampir setiap jenis olahraga akan memberikan beberapa tekanan pada tulang belakang. Hal tersebut akan menjaga otot-otot dan ligamen, sehingga tulang belakang menjadi fleksibel serta kuat. Tulang belakang yang sehat juga dapat membantu mencegah cedera olahraga.

Berikut adalah dua jenis olahraga yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung:

  • Bersepeda

Bersepeda dapat membantu mengatasi nyeri punggung. Tapi dengan syarat, sepeda yang digunakan bukanlah sepeda gunung yang dapat membuat nyeri punggung terasa lebih parah dari sebelumnya. Sepeda yang digunakan harus sepeda yang memosisikan punggung Anda tegak dan tidak membungkuk seperti pada sepeda gunung.

  • Berenang

Berenang akan memosisikan tulang belakang Anda lebih sempurna. Tekanan yang menuju ke tulang belakang Anda akan lebih sedikit saat Anda sedang di dalam air. Olahraga ini memang sangat direkomendasikan oleh dokter spesialis bedah ortopedi untuk Anda yang menderita nyeri punggung belakang.

Jika nyeri punggung yang Anda alami berlangsung terus-menerus, atau nyeri yang dirasakan sangat menyiksa sehingga menghambat aktivitas sehari-hari, hendaknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

0 Komentar

Belum ada komentar