Sukses

Tips Agar Anak Tetap Mau Makan Saat Tumbuh Gigi

Saat anak sedang tumbuh gigi, biasanya ia jadi menolak makan dan amat rewel. Lalu, apa yang harus dilakukan agar anak tetap mau makan?

Memberi makan anak saat ia sedang tumbuh gigi memang terkadang menjadi tantangan tersendiri. Saat-saat ini terutama terjadi pada usia 4-7 bulan di mana gigi pertama mulai tumbuh. Nyeri gusi yang dirasakan anak saat tumbuh gigi membuatnya menjadi sangat selektif dalam menerima makanan yang diberikan padanya, termasuk makanan yang biasanya jadi kegemarannya. Kalau sudah demikian, orangtualah yang harus memutar akal agar sang anak tetap bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya selama masa pertumbuhan gigi.

Untuk memastikan anak tetap mendapatkan nutrisi terbaik dengan porsi yang sesuai kebutuhan, berikut adalah beberapa kiat yang dapat memudahkan pemberian makan saat anak tumbuh gigi:

  • Pilihan makanan

Pemberian makanan camilan yang keras seperti biskuit bayi, wortel atau mentimun yang sudah didinginkan dapat menjadi opsi untuk meringankan nyeri gusi yang dialami anak saat tumbuh gigi. Teksturnya yang keras membantu meredakan nyeri gusi, sedangkan tujuan pendinginan adalah pemberian analgetik atau antinyeri secara alami.  Ingat, jangan pernah meninggalkan anak yang sedang makan makanan padatnya sendirian untuk menghindari bahaya tersedak.

  • Tekstur makanan

Makanan yang dibuat puree dan didinginkan juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk memberikan nutrisi selama anak tumbuh gigi. Dengan pemberian puree, anak tidak perlu banyak mengunyah makanan namun nutrisi yang ia butuhkan tetapi bisa didapatkannya.

  • Beri usapan disertai pijatan ringan pada gusi anak

Usapan disertai pijatan ringan menggunakan kain bersih yang dingin juga dapat membantu meringankan nyeri yang sedang dialami anak saat tumbuh gigi. Usapan ini dapat dilakukan sebelum waktu makan tiba untuk memberikan rasa nyaman padanya.

  • Beri teething ring

Teether Ring adalah gigitan bayi terbuat dari bahan karet plastik elastis yang berguna membantu merangsang pertumbuhan gigi sekaligus mainan untuk bayi. Teething ring yang didinginkan di kulkas dapat turut membantu meringankan nyeri gusi saat anak tumbuh gigi.

Bila anak terlihat sangat kesakitan saat tumbuh gigi dan menjadi amat rewel hingga mengganggu aktivitasnya sehari-hari, orangtua dapat mempertimbangkan pemberian antinyeri seperti gel pereda nyeri atau paracetamol dengan petunjuk dokter. Cara ini dapat membuatnya merasa lebih nyaman hingga periode nyeri gusinya terlewati.

0 Komentar

Belum ada komentar