Sukses

Infeksi Jamur Akibat Memakai Sepatu yang Sama Setiap Hari

Infeksi jamur ternyata dapat terjadi akibat memakai sepatu yang sama setiap hari. Mengapa demikian? Berikut ulasan medisnya.

Bisa membeli sepatu baru yang sudah lama diinginkan tentu rasanya sangat menyenangkan. Anda pun pasti ingin memakai sepatu yang Anda inginkan tersebut setiap hari. Namun hati-hati, memakai sepatu yang sama secara terus-menerus ternyata bisa berdampak buruk untuk kesehatan kaki Anda.

Memakai sepatu yang sama setiap hari, terlebih sepatu yang digunakan berbentuk tertutup sepenuhnya, dapat menciptakan lingkungan kaki yang lembap.

Lingkungan kaki yang lembap ini dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur, apalagi jika sepatu yang Anda gunakan terbuat dari bahan plastik, dan Anda tidak menggunakan kaus kaki ketika memakai sepatu.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, terdapat peningkatan risiko infeksi jamur di kaki pada para pekerja kebun yang memakai sepatu bot.

Infeksi jamur di kaki disebabkan oleh organisme dermatofita. Organisme ini mengonsumsi keratin, protein yang terdapat pada kuku dan rambut, sebagai sumber makanannya.

Infeksi jamur di kaki dapat menyebabkan perubahan warna pada kuku kaki, penebalan kuku, kuku membelah, kulit bersisik dan kaki berbau. Selain itu, infeksi jamur di kaki juga dapat menyebabkan iritasi dan timbulnya rasa nyeri.

Penanganan infeksi jamur di kaki sering kali sulit. Pasalnya, jamur yang menginfeksi kaki sering kali resisten, atau tidak merespon terhadap terapi yang dilakukan, sehingga penanganannya membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan.

Pencegahan untuk infeksi jamur, termasuk infeksi jamur di kaki, sangatlah penting. Karena bila infeksi jamur tersebut sudah mengenai kuku, maka penanganannya akan menjadi lebih sulit.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mencegah kemungkinan untuk terserang infeksi jamur di kaki ini. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah infeksi jamur di kaki, antara lain:

  • Gunakan kaus kaki

Apabila Anda memakai sepatu yang tertutup, terlebih jika terbuat dari bahan plastik, jangan lupa untuk memakai kaus kaki.

Gunakanlah kaus kaki yang berbahan katun agar dapat menyerap keringat dan melindungi luka atau goresan yang dapat terjadi pada kulit kaki Anda.

  • Potong kuku Anda dengan benar

Potonglah kuku kaki Anda dengan benar, dan hindarilah agar jangan sampai terdapat luka pada kuku atau kulit kaki Anda. Hal ini untuk menghindari terjadinya infeksi.

  • Pilihlah sepatu yang tepat

Semakin baik sirkulasi udara pada kaki Anda, maka area kaki pun akan menjadi kering. Area kaki yang kering akan memperkecil kemungkinan terjadinya infeksi jamur.

American College of Foot & Ankle Orthopedics & Medicine merekomendasikan untuk memakai sepatu yang berbahan dasar kulit atau kanvas agar sirkulasi udara di kaki ketika Anda memakai sepatu tetap terjaga dengan baik.

  • Gunakan sepatu dengan ukuran yang tepat

Sepatu yang baik adalah sepatu yang tidak menyentuh ujung kuku kaki, atau terlalu sempit. Namun, Anda juga harus menghindari untuk memakai sepatu yang berukuran terlalu besar. Karenanya, pilihlah ukuran sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda sehingga sepatu yang Anda gunakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu sempit.

  • Rutinlah mengganti sepatu yang Anda pakai

Memakai sepatu yang sama setiap hari, terlebih jika Anda sebelumnya memakai sepatu tersebut untuk berolahraga dan melakukan aktivitas yang membuat kaki berkeringat, dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur di kaki.

Karenanya, Anda harus menghindari untuk memakai sepatu yang sama selama 3 hari berturut-turut. Selain itu, Anda juga harus memastikan kondisi sepatu Anda benar-benar kering sebelum Anda memakainya kembali.

  • Hindari bertelanjang kaki di area umum

Hindari bertelanjang kaki di area yang lembap, seperti di kolam renang atau pemandian umum, karena rentan untuk terjangkit infeksi jamur. Oleh karena itu, selalu gunakan sandal atau alas kaki ketika Anda hendak berjalan, khususnya di area-area umum seperti kolam renang, ataupun pemandian umum.

Namun apabila infeksi jamur di kaki sudah terlanjur terjadi, Anda dapat menggunakan krim antijamur yang mengandung clotrimazole untuk membantu menghilangkan masalah jamur yang Anda alami.

0 Komentar

Belum ada komentar