Kehamilan

Manfaat Merawat Puting Susu Saat Hamil dan Tipsnya

dr. Dyah Novita Anggraini, 04 Nov 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Merawat puting sejak masa kehamilan diyakini merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Mengapa merawat puting perlu dilakukan sejak masa kehamilan? Temukan jawaban dari dr. Dyah Novita Anggraini di sini.

Manfaat Merawat Puting Susu Saat Hamil dan Tipsnya

Puting susu merupakan bagian terpenting dalam proses menyusui. Puting susu, jika tidak sering dijaga kebersihannya maka kotoran di permukaan puting akan menumpuk dan dapat menghambat keluarnya air susu.

Oleh karena itu, melakukan perawatan puting susu secara teratur setiap hari sejak masa kehamilan sangatlah penting untuk dilakukan.

Manfaat Rajin Merawat Puting Susu Selama Masa Kehamilan

Sejak masa kehamilan, kamu sudah mulai disarankan untuk membersikan area puting. Pasalnya, pada trimester ketiga kehamilan biasanya ASI mulai keluar dan terkadang mengering sehingga dapat menyebabkan kerak di sekitar puting. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengoleskan minyak di puting untuk melunakkan kerak tersebut setelah itu bersihkan dan bilas dengan air hangat.

Merawat dan membersihkan puting susu selama masa kehamilan akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Mempersiapkan Puting yang Nyaman untuk Menyusui

Salah satu manfaat utama merawat puting payudara selama kehamilan adalah persiapan untuk proses menyusui yang akan datang. Puting payudara yang sehat dan terawat dengan baik akan membuat proses menyusui lebih mudah dan nyaman.

2. Mencegah Infeksi

Perawatan yang baik dapat membantu menghindari infeksi dan komplikasi yang mungkin timbul dari perubahan hormon dan perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan. Infeksi payudara atau mastitis ini bisa disertai gejala payudara bengkak, merah, dan terasa nyeri saat disentuh. Infeksi payudara ini juga bisa terjadi ketika sudah menyusui.

3. Mengurangi Risiko Retak Puting Payudara

Merawat puting payudara secara teratur dapat membantu mengurangi risiko retak puting payudara saat menyusui, yang bisa sangat menyakitkan dan mengganggu. Penelitian telah menunjukkan bahwa merawat puting payudara dengan baik dapat membantu mengurangi risiko penyakit payudara, meskipun ini bukan jaminan penuh.

4. Mengatasi Payudara yang Sensitif

Perubahan hormonal selama kehamilan dapat membuat payudara lebih sensitif dan terkadang menyakitkan. Merawat puting payudara dengan baik dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan ini. Membersihkan area puting dengan air hangat bisa membuat payudara terasa lebih nyaman dan nyerinya berkurang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Puting Payudara

Saat membersihkan puting susu hindari penggunaan sabun atau disinfektan yang dapat membuat kulit sekitar puting kering, serta dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar Montgomery. Kelenjar Montgomery adalah kelenjar lemak di daerah sekitar puting payudara. Kelenjar ini menghasilkan sekreta berminyak (cairan lipoid) untuk melubrikasi maupun melindungi puting dan daerah sekitarnya dari kekeringan ataupun bakteri yang dapat menginfeksi.

Perhatikan juga beberapa hal berikut ini jika ingin payudara sehat selama kehamilan:

  • Jika kulit di sekitar puting dan payudara sangat kering atau terluka, kamu dapat menggunakan salep berbahan lanolin
  • Gunakan bra yang terbuat dari bahan katun sehingga kulit di payudara kamu dapat “bernapas”.
  • Hindari penggunaan bahan yang terbuat dari plastik sebagai bahan penyerap ASI
  • Segera ganti bahan penyerap ASI apabila sudah basah untuk mencegah pertumbuhan bakteri di area puting

Dengan rutin merawat puting kamu sejak masa kehamilan maka proses menyusui akan berjalan dengan lancar, dan ASI yang diproduksi juga akan semakin banyak.

Jika kamu ingin berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah kehamilan, kamu bisa chat dokter spesialis kandungan di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa pesan layanan pemeriksaan kehamilanonline dengan mudah dan cepat. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang!

putingInfo Kebidanan & Kandungan

Konsultasi Dokter Terkait