Sukses

Kenali Masalah Gigi yang Sering Dialami Penderita Diabetes

Penderita diabetes lebih rentan mengalami infeksi pada gigi dan rongga mulut. Apa sebabnya? Dan apa saja masalah gigi yang sering menghinggapi penderita diabetes? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Diabetes melitus merupakan penyakit yang terkait dengan peningkatan kadar gula dalam darah serta berhubungan dengan proses aterosklerosis dan mikroangiopati.

Pada penderita diabetes, terjadinya peningkatan kadar gula darah dapat mempengaruhi seluruh tubuh termasuk dalam rongga mulut. Beberapa kelainan yang bisa muncul dalam rongga mulut seorang penderita diabetes adalah infeksi dan rasa sakit. Gigi, gusi, jaringan lunak dalam mulut (seperti dinding bagian dalam pipi dan dasar mulut), serta rahang dapat mengalami kelainan.

Masalah Gigi pada Penderita Diabetes

  • Gigi berlubang

Salah satu sumber menyatakan, belum terdapat hubungan spesifik yang jelas antara gigi berlubang dengan penyakit diabetes. Namun, ada keterkaitan yang mungkin menjadi pemicu gigi berlubang pada penderita diabetes. Misalnya karena tingginya kadar gula darah pada air liur, sehingga memicu bakteri berkembang.

  • Mulut kering

Kondisi ini disebabkan karena gangguan aliran air liur yang dipengaruhi oleh berbagai kondisi, di antaranya pertambahan usia, obat-obatan, dan tingkat keparahan dari kerusakan saraf. Beberapa gejala mulut kering adalah rasa kering dalam mulut, bibir pecah-pecah, sakit pada mulut, infeksi pada mulut, serta gangguan pada saat mengunyah, menelan, dan berbicara.

  • Gingivitis dan periodontitis

Kondisi ini merupakan radang pada jaringan yang mendukung gigi. Biasanya dimulai dengan radang pada gusi, kemudian berkembang lebih parah menjadi radang jaringan pendukung gigi (periodontitis). Penyakit ini dapat meningkatkan risiko tidak terkontrolnya metabolisme. Pada kondisi gingivitis, gejalanya berupa gusi yang mudah berdarah dan bengkak. Bila telah meningkat pada periodontitis, maka telah terjadi kerusakan jaringan lunak serta tulang alveolar yang menyokong gigi sehingga bisa menyebabkan gigi goyang.

  • Infeksi jamur

Infeksi jamur biasa dialami oleh penderita diabetes yang mengalami penurunan sistem imun, serta dipengaruhi juga oleh jumlah air liur. Gejala yang dtimbulkan antara lain bercak merah atau putih pada lidah, gusi, dinding pipi bagian dalam, serta langit-langit rongga mulut.

  • Sindrom mulut terbakar

Kondisi ini disebabkan karena tidak terkontrolnya gula darah. Tanda-tandanya adalah mulut terasa seperti terbakar, pahit, dan kering.

Salah satu tanda awal penyakit gusi yang perlu diwaspadai adalah gusi berdarah dan tampak bengkak. Kadang penderita diabetes tidak menyadarinya, sehingga sangat penting untuk melakukan kontrol ke dokter gigi sebagai cara mendeteksi dini kelainan yang terjadi.  

0 Komentar

Belum ada komentar