Sukses

Cuka Apel untuk Turunkan Berat Badan

Cuka apel banyak digunakan untuk berbagai keperluan terutama memasak. Tapi ada juga yang percaya bahwa cuka apel dapat membantu penurunan berat badan. Benarkah?

Slim & Fit

Cuka apel merupakan salah satu olahan yang bisa kita buat dari apel. Nah, belakangan ini kita sering mendengar mengenai manfaat cuka apel yang dianggap dapat menurunkan berat badan. Yuk, kita cari tahu faktanya di sini!

Apakah cuka apel dapat menurunkan berat badan?

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Functional Foods, konsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Partisipan yang mengonsumsi satu sdm cuka apel dicampur dengan segelas air putih sebelum makan, memiliki kadar gula darah lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak.

Asam asetat, komponen utama pada cuka dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap karbohidrat. Jika penyerapan karbohidrat terganggu, maka pemecahan karbohidrat menjadi kalori juga menjadi lebih sedikit.

Penelitian lain yang dikeluarkan oleh Annals of Nutrition & Metabolism tahun 2009 menyatakan bahwa mengonsumsi 2 sdm cuka apel sebelum makan dapat menurunkan kadar gula darah. Sementara itu, penelitian lain menyebutkan bahwa konsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar trigliserida. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan hal tersebut.

Jika Anda ingin mencobanya, berikut kiat-kiatnya:

  • Pilihlah cuka apel yang tepat

Seluruh jenis cuka termasuk cuka apel mengandung asam asetat. Hindari memilih cuka yang mengandung asam terlalu tinggi. Pilihlah cuka apel yang mengandung tingkat keasaman 5% yang kebanyakan terdapat pada cuka masakan.

  • Hindari konsumsi berlebih

Konsumsi terlalu banyak asam asetat dapat membuat iritasi pada lambung dan tenggorokan. Satu sdm cuka apel yang dicampur dengan segelas air putih yang dikonsumsi sebelum makan masih tergolong dosis yang 'aman'. Atau Anda bisa mencampurkannya pada salad favorit Anda.

  • Jangan harapkan keajaiban

Meski asam asetat dapat menghambat penyerapan karbohidrat, bukan berarti jika Anda makan stoples kue lalu Anda minum cuka apel, berat badan Anda akan turun drastis. Anda tetap perlu mengatur pola makan serta berolahraga rutin.

0 Komentar

Belum ada komentar