HomeGaya hidupSeksMemilih Pelumas yang Aman untuk Bercinta
Seks

Memilih Pelumas yang Aman untuk Bercinta

dr. Muhammad Anwar Irzan, 16 Feb 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Dengan memilih pelumas yang tepat, hubungan intim pun menjadi lebih menyenangkan serta bebas dari iritasi.

Memilih Pelumas yang Aman untuk Bercinta

Vagina kering kerap menjadi masalah utama dalam kehidupan seksual. Berkurangnya lubrikasi pada area genital ini bisa disebabkan oleh faktor fisik maupun psikologis seperti rasa gelisah, tertekan, stres, atapun masalah lainnya.

Akibatnya ketika berhubungan intim, vagina Anda tidak menghasilkan cairan pelumas dengan sempurna.  

Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan cairan pelumas tambahan bisa menjadi solusinya.

Cairan pelumas tambahan terbagi menjadi tiga jenis, yakni pelumas berbahan dasar air, silikon, dan minyak. Pertanyaannya, mana pelumas yang lebih baik? Hal itu tergantung dari apa yang Anda inginkan atau butuhkan saat berhubungan seks. Setiap jenis pelumas memiliki karakter yang cukup berbeda.

  • Pelumas berbasis air

Pelumas berbasis air mudah ditemukan dengan harga yang bervariasi. Namun karena banyak merek yang tersedia, tidak sedikit yang memiliki kemungkingan mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, carilah merek pelumas yang mengandung bahan-bahan alami dan pastikan pelumas tersebut bebas paraben. Kandungan tersebut berbahaya untuk area genital Anda.

  • Pelumas berbasis silikon

Pelumas berbasis silikon membuat area genital tetap licin atau basah untuk waktu yang sangat lama. Pelumas berbasis silikon cenderung aman digunakan bersama kondom lateks, tetapi jangan digunakan bersamaan dengan sex toy berbahan silikon. Perlu diketahui, pelumas jenis ini juga tidak cocok untuk oral seks.

  • Pelumas berbasis minyak

Pelumas berbasis minyak agak sulit dicuci setelah menempel pada vagina dan sering kali membuat wanita tidak nyaman. Selain itu, pelumas jenis ini dapat merusak kondom berbahan dasar lateks.

bercintaSeksologi

Konsultasi Dokter Terkait