Sukses

Infeksi Jamur pada Selangkangan dan Cara Mengatasinya

Infeksi jamur pada selangkangan merupakan infeksi jamur yang sangat menyebalkan. Bagaimana cara mengatasi infeksi jamur pada selangkangan? Berikut info medisnya.

Infeksi jamur pada selangkangan, alat kelamin, dan bokong disebut sebagai tinea kruris. Penyakit ini disebabkan oleh jamur dermatofita yang dapat ditularkan dari orang ataupun hewan.

Meskipun gatal dan mengganggu penampilan, umumnya infeksi jamur pada selangkangan ini tidak berbahaya.

Infeksi jamur pada selangkangan nampak sebagai sebuah plak merah yang bersisik dan gatal di area selangkangan. Jika sudah berlangsung lama, warnanya bisa menjadi coklat kehitaman. Di tepi plak tersebut umumnya terdapat bintil-bintil merah seperti jerawat kecil, bersifat gatal dan dapat bertambah berat jika sedang berkeringat.

Tinea kruris biasanya mengincar orang yang sering berkeringat, memiliki berat badan berlebih, atlet, orang yang memakai pakaian dalam atau celana terlalu ketat, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, seperti mereka yang memiliki diabetes melitus, kanker, pasca transplantasi organ, dan HIV/AIDS.

Mereka yang suka bertukar celana, pakaian dalam, atau handuk dengan orang lain juga berisiko tertular infeksi ini. Selain itu, binatang peliharaan Anda juga bisa menularkan infeksi jamur ini

Bagaimana cara mengatasi jamur pada selangkangan?

Untuk infeksi jamur pada selangkangan tingkat ringan, dokter akan memberikan krim anti jamur untuk mengobatinya. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menjaga agar area selangkangan Anda tetap bersih dan kering. Oleh karena itu, gunakanlah selalu pakaian yang bersih, dan menghindari pemakaian celana yang ketat dan berlapis.

Jika Anda sering berkeringat, ada baiknya Anda menyeka keringat tersebut secara berkala, bahkan jika perlu mengganti celana dan celana dalam Anda. Namun perlu Anda ingat, hindari bertukar pakaian ataupun handuk dengan orang lain untuk mencegah terjadinya penularan.

Namun demikian, jika pengobatan tersebut tidak berhasil, atau area yang terkena infeksi jamur tersebut luas, dokter akan memberikan obat minum anti jamur untuk mengatasinya. Lakukanlah pengobatan dengan teratur, dan jangan lupa untuk kontrol kembali kepada dokter untuk mengevaluasi keadaan Anda.

Apabila Anda juga memiliki infeksi jamur di area tubuh lain, infeksi tersebut juga harus diobati secara bersamaan.

9 Komentar