Sukses

Cara Agar Tidak Tertular Penyakit Jamur Kulit

Penyakit jamur kulit merupakan penyakit yang dapat menular. Bagaimana cara agar tidak tertular penykit jamur kulit? Berikut info medis dari dr. Karin Wiradarma.

Jamur merupakan organisme yang terdapat hampir di semua tempat. Bisa di lantai, tanah, hewan peliharaan, hingga orang terdekat seperti keluarga dan teman.

Infeksi jamur pada kulit sebenarnya tidak membahayakan jiwa, namun sangat mengganggu karena gatal dan juga mengganggu penampilan. Penyembuhan infeksi jamur pada kulit juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini disebabkan karena infeksi jamur lebih sulit disembuhkan karena menyangkut gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Kebiasan apa saja yang dapat menyebabkan penyakit jamur kulit?

Anda akan lebih mudah terkena infeksi jamur jika Anda memiliki kebiasaan saling meminjam pakaian atau handuk dengan orang lain. Pasalnya, jamur dapat menular melalui barang tersebut.  Selain itu, infeksi jamur di kepala juga dapat menular jika Anda meminjam sisir orang yang memiliki penyakit tersebut.

Tempat umum yang lembap dan hangat dapat menjadi sarang di mana jamur dapat bertumbuh subur, misalnya gym. Di tempat olahraga tersebut, Anda bertemu dengan banyak orang yang berkeringat.  Selain itu, berjalan-jalan di lantai yang basah tanpa alas kaki juga meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur di kaki Anda.

Tinggal serumah dengan orang yang memiliki infeksi jamur juga dapat meningkatkan risiko Anda tertular penyakit tersebut. Anda juga dapat tertular jika hewan peliharaan kesayangan terkena infeksi jamur.

 

 

Apa yang Harus Dilakukan agar tidak tertular penyakit jamur kulit?

Yang harus Anda lakukan agar tidak tertular penyakit jamur kulit adalah dengan mengusahakan untuk selalu menggunakan alas kaki di tempat umum, terutama tempat-tempat yang lembap, seperti ruang loker dan tempat mandi di gym ataupun di pinggiran kolam renang.

Anda juga harus menghindari kebiasaan saling meminjam pakaian, handuk ataupun sisir dengan orang lain.

Selain itu, apabila Anda memiliki hewan peliharaan, mandikanlah hewan peliharaan Anda secara berkala dengan sampo khusus untuk mencegah jamur. Hindari diri Anda untuk menyentuh hewan yang memiliki pitak di bulunya, karena kemungkinan ia terinfeksi oleh jamur. Namun, apabila hal tersebut terjadi pada binatang peliharaan Anda, segeralah untuk mengobati hewan peliharaan Anda tersebut ke dokter hewan.

Dan jika pasangan atau keluarga yang tinggal serumah dengan Anda memiliki infeksi jamur di tubuhnya, segera sarankan untuk berobat kepada dokter agar dapat segera infeksi jamur tersebut dapat sembuh dan infeksinya tidak menyebar

0 Komentar

Belum ada komentar